Strategi Pengembangan Wisata Sejarah Dan Budaya Di Malino, Sulawesi Selatan Tahun 2019 (Studi Kasus Kampung Adat Bulutana Dan Panti Samadi Ratna Miriam)

Authors

  • Nur Rahmatul Amalia Telkom University
  • Ersy Ervina Telkom University
  • Umi Sumarsih Telkom University

Abstract

ABSTRAK

Sejarah dan budaya merupakan warisan dari para leluhur bangsa yang perlu dilestarikan. Kawasan wisata Malino memiliki potensi wisata sejarah dan budaya, yaitu Butta Toa Bulutana dan Panti Samadi Ratna Miriam. Pengelolaan yang belum maksimal menjadikan potensi wisata tersebut tidak diketahui oleh kalangan wisatawa.berkaitan dengan itu, perlunya analisis strategi yang dapat digunakan dalam megembangkan potensi wisata dan sejarah dan budaya yang ada di Malino, sehingga muncul beberapa tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengevaluasi strategi yangdapat digunakan dalam pengembangan wisata sejarah dan budaya di Malino. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis TOWS (Threats, Opportunities, Weakness, Strenght). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pengelolaan ada wisata sejarah dan budaya di Malino masih kurang. Maka dari itu, strategi yang digunakan dalam mengembangkan wisata sejarah dan budaya di Malino adalah: mengenalkan peninggalan sejarah dan budaya pada ajang ‘Beautiful Malino’, menjadikan cerita sejarah dan cerita sebagai daya tarik, menggunakan media sosial sebagai media dalam memperkenalkan sejarah, serta membuat cinderamata (kerajinan tangan seperti gantungan kunci atau souvenir lainnya) yang mereperesentasikan kampung adat dengan berpedoman dari cinderamata yang dijual pada wisata alam di kawasan wisata Malino.
Kata Kunci : Wisata, Sejarah dan Budaya, Malino


ABSTRACT

History and culture are inherited from the ancestors of the nation that need to be preserved. The Malino tourist area has historical and cultural tourism potential, namely Butta Toa Bulutana and Samadi Ratna Miriam Institution. Management that has not maximized makes the tourism potential unknown to tourism circles. In this connection, the need for strategic analysis can be used in developing tourism potential and history and culture in Malino, so that there are several objectives in this study, namely to evaluate strategies that can be used in the development of historical and cultural tours in Malino. The research method used in this study is a qualitative method using the TOWS analysis approach (Threats, Opportunities, Weakness, Strength). The results of this study indicate that the application of management to historical and cultural tourism in Malino is still lacking. Therefore, the strategies used in developing historical and cultural tourism in Malino are: introducing historical and cultural heritage in the 'Beautiful Malino' event, making historical stories and stories an attraction, using social media as a medium to introduce history, and making souvenirs (handicrafts such as key chains or other souvenir) that represent traditional villages with souvenirs sold on natural attractions in the tourist area of Malino.

Keyword : Tourism, History and Culture, Malino
I

Downloads

Published

2019-08-01

Issue

Section

Program Studi D3 Perhotelan