Analisis Iklan Pada Media Sosial Instagram Dan Reputasi Merek Terhadap Minat Beli Pada Indihome Buah Batu Kota Bandung Tahun 2019

Authors

  • Olivia Aprilianti Telkom University
  • Sampurno Wibowo Telkom University

Abstract

ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdampak dengan perubahan tingkah laku, sikap dan psikologis masyarakat. Media sosial tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dan mengakses informasi saja, tetapi juga menjadi sarana promosi. IndiHome memasarkan produknya melalui media sosial instagram yang menjadi upaya penunjang pemasaran perusahaan. Penelitian ini dilakukan di PT. Infomedia Nusantara bagian Marketing layanan IndiHome. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis minat beli masyarakat pada IndiHome. Variabel dalam penelitian ini adalah iklan pada media sosial instagram, reputasi merek, dan minat beli. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Unit analisis dari penelitian ini adalah masyarakat Kota Bandung dan unit observasinya adalah pelanggan IndiHome Hasil analisis dengan menggunakan metode deskriptif bahwa iklan instagram dan reputasi merek dengan membagikan kuisioner kepada 100 responden dengan 27 pernyataan secara keseluruhan masuk ke kategori baik serta hasil analisis model regresi Y = 0,409 + 0,489X1 + 0,094X2 sudah layak digunakan. Berdasarkan hasil analisis bahwa pengaruh iklan pada media sosial instagram dan reputasi merek terhadap minat beli pada IndiHome adalah sebesar 47,1% dan sisanya adalah 52,9% yang dipengaruhi oleh faktor-faktor pemasaran lain yang tidak diteliti.

Kata kunci: iklan, iklan media sosial, iklan instagram, merek, reputasi merek, minat beli
ABSTRACT
The development of information and communication technology has an impact on changes in behavior, attitudes and psychological community. Social media is not only used to communicate and access information, but also becomes a means of promotion. IndiHome markets its products through Instagram social media which is an effort to support the company's marketing. This research was conducted at PT. Infomedia Nusantara is the Marketing service of IndiHome. The purpose of this study was to analyze the buying interest of the people in IndiHome. The variables in this study are advertisements on social media, brand reputation, and buying interest. The research method used is descriptive research using a quantitative approach. The unit of analysis of this study is that the people of Bandung City and their observation units are IndiHome customers The results of the analysis using descriptive methods that instagram ads and brand reputation by distributing questionnaires to 100 respondents with 27 statements as a whole entered into the good category and the results of the regression analysis model Y = 0.409 + 0.489X1 + 0.094X2 are appropriate to use. Based on the analysis that the influence of advertising on social media instagram and brand reputation on buying interest in IndiHome is 47.1% and the rest is 52.9% which is influenced by other marketing factors not examined.

Keywords: advertising, social media ads, instagram ads, brand, brand reputation, purchase intention

Downloads

Published

2019-08-01

Issue

Section

Program Studi D3 Manajemen Pemasaran