Pengelompokan Transaksi Pelanggan Kartu Kredit Menggunakan Algoritma Clustering K-Means

Authors

  • Bambang Ary Nugroho Telkom University
  • Indrarini Dyah Irawati Telkom University
  • Aldo Lionel Saonard Pt Hacktivate Teknologi Indonesia

Abstract

Abstrak—Kartu kredit adalah salahsatu layanan yang terdapat di bank, hal ini menjadikan sebagai peluang dan tantangan bagi bank, seiring bertambahnya data maka semakin sulit juga bagaimana mendapatkan informasi yang bisa berguna, maka pengolahan data pelanggan akan sangat berguna untuk informasi strategi bisnis. Panelitian ini bertujuan untuk mengelompokan pelanggan kartu kredit berdasarkan perilaku penggunaan kartu kreditnya dengan menggunakan algoritma Kmeans. Sedangkan proses evaluasi dan penentuan jumlah cluster menggunakan sillhoette index dan elbow method, kemudian PCA akan di terapkan dalam proses reduksi dimensi. Berdasarkan hasil percobaan, diperoleh jumlah cluster terbaik adalah 2 cluster dengan silhouette score tertinggi. Dari 8950 pelanggan, data tersebut terbagi ke dalam cluster 0 dan cluster 1

Kata kunci— K-Means, Principal Component Analysis, Cluster,silhouette score, elbow method

References

S. Z. A. S. Sri Rahmayani, "Analisis Algoritma KMeans untuk Klustering Penerima Bantuan Sosial," JOMLAI: Journal of Machine Learning and Artificial Intelligence, Vols. 1, no1, pp. 77-84, 2022.

N. H. N. A. Rozzi Kesuma Dinata Sfawandi, "Analisis K-Means Clustering Pada Data Sepeda Motor," Informatics Jurnal, Unej, Vols. 5, No 1, 2020.

W. M. P. Dhuhita, "CLUSTERING MENGGUNAKAN METODE K-MEANS UNTUK," Jurnal Informatika, Vols. Vol. 15, No. 2, pp. 6-7, 2015.

P. D. Windha Mega, "Clustering Menggunakan Metode K-Means Untuk Menentukan Status Gizi Balita," Jurnal Informatika, Vols. 15, No 2, 2015.

D. R. M. Nainggolan1, "DATA SCIENCE, BIG DATA, AND PREDICTIVE ANALYTICS:," Jurnal Petahanan dan Bela Negara, vol. II, p. 2, 2017.

G. M. P. M. F. L. Dewi Sinta Saputri, "Implementasi Algoritma K-Means Clustering untuk Desa Tervaksinasi Covid-19 pada Kecamatan Ujung Padang," Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), Vols.

, no 2, pp. 261-267, 2022. [7] A. Chaerudin, "Implementasi Algoritma K-Means++ untuk Segmentasi Pelanggan Toko dengan Menggunakan Neo4J," Bandung, 2021.

S. J. P. G. M. P. N. P. H. S. P. Haviludin, "Implementasi Metode K-Means Untuk Pengelompokan Rekomendasi Tugas Akhir," Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vols. 16, no 1, 2021.

F. S. D. H. Hendro Priyatman, "Klasterisasi Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Untuk Mempredikasi Waktu Kelulusan Mahasiswa," Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika, 2019.

D. Dikti, "kursus saya: Data Science Associatte," Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, [Online]. Available: https://spadadikti.id. [Accessed 5 Agustus 2022].

Downloads

Published

2023-03-06

Issue

Section

Program Studi D3 Teknologi Telekomunikasi