Analisis Parsing Data Sosial Media Terhadap Konflik Kelompok Kriminal Bersenjata Di Papua Dengan Pendekatan Lexicon Based

Authors

  • Adiev Ghifari Syahviar Telkom University
  • Setia Juli Irzal Ismail Telkom University
  • Muhammad Rizqy Alfarisi Telkom University

Abstract

Aksi kriminal dan separatis yang telah dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua sejak tahun 1965 selalu menimbulkan korban. Pada 2 maret 2022 telah terjadi penembakan terhadap 8 karyawan PT Palaparing Timur Telematics (PTT). Dari peristiwa tersebut menuai berbagai opini masyarakat, yang terdiri dari opini positif hingga opini negatif. Untuk mengetahui opini masyarakat tentang peristiwa tersebut, dilakukan analisis parsing data dari sosial media. Analisis parsing data pada penelitian ini menggunakan 1.821 data tweet yang diambil pada bulan Agustus 2022 melalui platform media sosial twitter sebagai sumber data sentimennya. Pada penelitian ini dilakukan tahapan proses seperti pengambilan data Twitter, pengolahan data, klasifikasi data dan Evaluasi model. Untuk klasifikasi data teks pada penelitian ini menggunakan pendekatan berbasis leksikon yaitu dengan menggunakan library VADER dan kamus leksikon manual yang disusun oleh Professor Bing Liu dari Universitas Chicago. Hasil analisis berdasarkan VADER sentimen menghasilkan informasi bahwa sebagian besar 47,1% masyarakat Indonesia memberikan tanggapan positif terhadap konflik kelompok kriminal bersenjata di Papua dan mendapatkan hasil akurasi dari proses evaluasi data secara keseluruhan sebesar 80,7 %.

Kata Kunci - kelompok kriminal bersenjata, papua, analisis parsing data, vader sentimen, leksikon

References

Z. F. Nurhadi,

L. J. H. L. Mutiara Zaskya, Antonius Boham,

Kominfo.go.id. (2013, 7 November). Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. Diakses pada 6 Juli 2022, dari https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+orang/0/berita_satker, November 2013.

F. F. Mailo and L. Lazuardi,

R. P. Hadi, http://repository.unair.ac.id/68175/3/jurnal rany.pdf

A. Syakur,

M. Php, K. Bekasi, R. Noviana, J. Margonda, R. No,and P. Cina,

E. A. Marwa and A. B. Kristanto,

W. Medhat, A. Hassan and H. Korashy, "Sentiment analysis algorithms and applications:," Ain Shams Engineering Journal, vol. 1, pp. 1093-1113, 2013.

Minqing Hu and Bing Liu. "Mining and Summarizing Customer Reviews." Proceedings of the ACM SIGKDD International Conference on Knowledge Discovery and Data Mining (KDD2004), Aug 22-25, 2004, Seattle, Washington,USA.

A.- Arini, L. K. Wardhani, and D.- Octaviano,

L. Istiqomah,

[Online]. Available:http://digilib.uinsuka.ac.id/17397/1/BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

James Suciadi, http://puslit2petra.ac.id/ejournal/index.php/inf/article/view/15799

Downloads

Published

2023-09-18

Issue

Section

Program Studi D3 Teknologi Komputer