Pembuatan Perangkat Rumah Cerdas Berbasis Iotar: Modul Aplikasi Android

Authors

  • Ajie Fauhad Fadhlullah Telkom University
  • Gita Indah Hapsari Telkom University
  • Muhammad Ikhsan Sani Telkom University

Abstract

Internet of Things Augmented Reality (IoTAR) adalah sebuah teknologi yang menggabungkan antara Internet of Things dengan Augmented Reality. Internet of Things sebagai sarana untuk perangkat yang dibuat dengan melibatkan sensor, konektivitas, dan komunikasi data. Augmented Reality sebagai sarana untuk menampilkan informasi maupun kontrol logika komunikasi data yang antarmukanya adalah sebuah 3D Objek virtual yang digabungkan ke dalam dunia manusia dan dapat dilihat melalui layar smartphone. Penilitian ini dibuat untuk membantu pengguna IoT yang tidak dapat meihat langsung perangkat yang dikendalikan sehingga interaksi antara mesin ke mesin hanya sebatas kontrol menu kendali IoT. Penilitian ini menekankan pada sisi software tentang perancangan UI/UX pada Augmented Reality dan juga menekankan pada sistem komunikasinya antara IoT dengan AR. Sistem komunikasi menggunakan API, yaitu HTTP RESTful API Blynk. Logika komunikasi yang akan diterapkan adalah logika ON/OFF/GET. Dari hasil penelitian ini data yang diukur adalah waktu tracking marker, dan waktu respon komunikasi dari IoT dan AR, dan dari pengujian yang dilakukan terhadap alat ini maka didapatkan waktu untuk tracking marker adalah 1 - 2 detik, dan waktu respon komunikasi IoTAR adalah 1 - 2 detik.

Kata Kunci - iotar, unity3d, vuforia engine, blynk api

References

y. M. Y. E. &. J. E. Chandra, "Implementasi Internet of Things Pada Sistem Kendali Lampu," Global Journal of Computer Science and Technology: A HARDWARE & COMPUTATION, vol. XIX, no. 1, 2019.

S. a. M. R. Ermi Media’s, "Internet of Things (IoT): BLYNK Framework for Smarthome," in 3rd ICTVET 2018 , 3rd UNJ International Conference on Technical and Vocational Education and Training 2018, Electronic Technology Diploma, Faculty of Engineering, Univeristas Negeri Jakarta, Jakarta, 2019.

M. G.Mahalakshmi, "IOT Based Home Automation Using Arduino," International Journal of Engineering and Advanced Research Technology (IJEART), vol. III, no. 8, 2017.

Y. S. A. P. K. Hamzah Alghifari, "Pembangunan Desain UI/UX Pada Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Perumahan Podomoro Park," e-Proceeding of Applied Science, vol. VI, no. 1, p. 4276, 2020.

O. D. T. A. M. H. P. Dimas Wahyu Wibowo, "Augmented Reality sebagai Alat Pengenalan Hewan untuk Media Pembelajaran dengan Metode Multiple Marker," JURNAL SISTEM DAN INFORMATIKA (JSI), p. 43, 2021.

A. G.-d.-C. A. M.-M. J. G.-Z. Manuel Alonso-Rosa, "An IoT Based Mobile Augmented Reality Application for Energy Visualization in Buildings Environments," Applied sciences, vol. X, no. 2, p. 10.3390, 2020.

R. M. Raja Chairul Jannah Wydmann, "Augmented Reality dalam Penggunaan Alat Rumah Tangga Berbasis Internet Of Things," JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, vol. I,no. 2, p. 84, 2020.

,. M. L. M. S. Mumuh Muharam, "SISTEM KENDALI JARAK JAUH BERBASIS WEB UNTUK SISTEM RUMAH PINTAR," Jurnal Nasional Teknik Elektro, vol. VII, no. 3, p. 293, 2018.

I. B. M. Mahendra, "IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN UNITY 3D DAN VUPORIA SDK," Jurnal Ilmiah ILMU KOMPUTER Universitas Udayan, vol. IX, no. 1, 2016.

A. A. Syahidi, "Augmented Reality in the Internet of Things (AR + IoT): A Review," IJICS, vol. V, no. 3, pp. 258 - 265, 2021.

M. H. 2. S. P. Meyti Eka Apriyani1, "Analisis Penggunaan Marker Tracking Pada Augmented Reality Huruf Hijaiyah,"INFOTEL, vol. VIII, no. 1, 2016.

,. R. S. M. L. A. S. Dryon Taluke, "ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN EKOSISTEM MANGROVE DI PESISIR PANTAI KECAMATAN LOLODA KABUPATEN HALMAHERA BARAT," Spasial, vol. VI, 2019.

Downloads

Published

2023-09-18

Issue

Section

Program Studi D3 Teknologi Komputer