Aplikasi Berbasis Web Untuk MencatatTransaksi Penjualan & Pendapatan Sparepart (Studi Kasus: PT Jarakosta Multi Mandiri, Bekasi)

Authors

  • Rizky Rachmat Saputra Telkom University
  • Kastaman Kastaman Telkom University
  • Renny Sukawati Telkom Univeristy

Abstract

Abstrak – Bengkel PT Jarakosta Multi Mandiri merupakan suatu wirausaha menengah yang bergerak dibidang jasa perawatan perbaikan kendaraan bermobil, dan merupakan tempat untuk melakukan perawatan serta pemeliharaan mobil. Bengkel Jarakosta Multi Mandiri merupakan salah satu bengkel service mobil yang terletak di daerah cikarang. Dalam menjalankan usahanya, Bengkel Jarakosta Multi Mandiri memiliki kendala yaitu dalam melakukan pencatatan penjualan, pencatatan pendapatan jasa service, dan pencatatan stok sparepart. Hal itu terjadi karena proses pencatatan masih menggunakan media manual yang dimana itu menyulitkan pemilik dalam melakukan pencatatan. Selain itu banyak nota transaksi dan berkas pencatatan barang yang hilang karena tidak tersimpan dengan baik. Bengkel Jarakosta Multi Mandiri perlu membangun sistem informasi yang dapat memudahkan pemilik dalam melakukan pencatatan. Dalam proyek akhir ini akan dibangun aplikasi yang dapat menangani permasalahan di atas, yang mana dapat membuat pencatatan transaksi penjualan, dapat melakukan pencatatan transaksi pendapatan jasa service dan dapat mencatat daftar stok sparepart.

Kata kunci: penjualan, sparepart, aplikasi berbasis web, php, code igniter

References

S. Mulyani, Metode Analisis dan Perancangan Sistem, Bandung: Abdi Sistematika, 2016, p. 24.

Hery, Akuntansi Sektor dan Jasa, Jakarta: PT Grasindo Jakarta, 2016.

Z. d. S. Zulhelmy, Dasar-Dasar Akuntansi Islamic View, Indramayu: Penerbit Adab, 2020.

E. Vitria, "Teori Pembelian," Bab II Landasan Teori, p. 6, 2014.

J. A. Hall, Sistem Informasi Akuntansi, D. d. D. A. K. Fitriasari, Ed., Jakarta: Salemba Empat, 2007.

Indrajani, Perancangan Basis Data Dalam All in 1, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2011, p. 29.

d. Romindo, Sistem Informasi Bisnis, Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

G. Sugianto, E. Rahajeng, Z. Rachmat, D. Hendarsyah, Z. Fadli, F. A. Gemilang, Amriadi, R. Oktavera and D. Kurnaedi, Manajemen Sistem Informasi, Padang Sumatera Barat:PT. Global Eksekutif Teknologi, 2022, p. 104.

T. A. Nugroho, R. N. S. Tafhonah and N. Riza, Implementasi Metode Analytical hierarchy Process Pada Aplikasi E-Planning, Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2020.

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2009, p. 7.

R. Destriana, S. M. Husain, N. Handayani and A. T. P. Siswanto, Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase "Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah", Sleman: DeePublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama), 2021.

H. Kristianto, Konsep dan Perancangan Database, Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 1993.

Anhar, Panduan Menguasai PHP & MySQQL Secara Otodidak, Jakarta Selatan: Mediakita, 2010.

Y. H. Setyawan and D. A. Pratiwi, Membuat Sistem Informasi Gadai Online Menggunakan Code Igniter Serta Kelola Proses Pemberitahuannya, Bandung: Kreatif Industri Nusantara, 2019.

N. M. D. Febriyanti, K. O. Sudana and I. N. Piarsa, "Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen," Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, vol.2, no. 3, p. 3, 2021.

Downloads

Published

2024-02-29

Issue

Section

Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi