Aplikasi Berbasis Web untuk Pencatatan Pembelian dan Persediaan Barang dengan Metode FIFO (Studi Kasus: Toko Bangunan Lancar Barokah, Cimahi)

Authors

  • Adila Ridha Tsabitah Telkom University
  • Asti Widayanti Telkom University
  • Anak Agung Gde Agung Telkom University

Abstract

Abstrak- Toko Bangunan Lancar Barokah merupakan salah satu perusahaan dagang yang terletak di Cimahi dan bergerak di bidang perdagangan alat dan bahan bangunan. Jenis barang yang dijual adalah material, peralatan, dan perkakas. Toko Lancar Barokah belum menerapkan penggunaan aplikasi dalam proses bisnisnya, sehingga masih menyebabkan terjadinya beberapa kehilangan pencatatan, kekurangan, dan kekosongan stok yang tidak terduga. Tujuan dari aplikasi ini yaitu menangani pengelolaan barang, pengelolaan transaksi pembelian barang kepada supplier, penilaiann persediaan barang menggunakan metode First In First Out (FIFO), dan menghasilkan jurnal umum, buku besar, dan laporan pembelian. Metode yang dilakukan dalam pembangunan aplikasi menggunakan metode SDLC dengan model waterfall. Proses perancangan aplikasi menggunakan rich picture, Business Process Model and Nation (BPMN), Unified Model Language (UML), dan Entity Relationship Diagram (ERD). Aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter dan MySQL untuk pengolahan data. Pengujian aplikasi menggunakan pengujian manual, pengujian aplikasi, dan black box testing. Proyek akhir ini berhasil mengelola master data barang, supplier, jenis barang, dan akun. Selain itu, aplikasi berhasil mengelola persediaan barang dan transaksi pembelian barang kepada supplier. Aplikasi ini juga menghasilkan pencatatan keuangan seperti jurnal umum, buku bear, laporan pembelian, dan kartu stok.

Kata Kunci: pembelian, persediaan barang, metode fifo, codeigniter, aplikasi web

References

Harianja, "Perancangan Aplikasi Rawat Jalan Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kesehatan Benai," Jurnal Teknologi dan Open Source, vol. I, no. 1, p. 12, 2016.

W. Wibowo and A. Abubakar, Akuntansi Keuangan Dasar, 3rd ed., Jakarta: Grasindo, 2020.

Downloads

Published

2024-02-29

Issue

Section

Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi