Aplikasi Berbasis Web untuk Sistem Pemesanan Ruangan Playstation (Studi Kasus : Sparring Game Center, Bandung)

Authors

  • Wina Apriliansa Telkom University
  • Kastaman Kastaman Telkom University
  • Renny Sukawati Telkom University

Abstract

Abstrak - Terusan Batik Halus, Sukaluyu, Cibeunying Kaler, Bandung, dan berfokus pada penyewaan konsol PlayStation 5. Sparring Game Center ini adalah salah satu dari banyak bisnis yang tidak menggunakan teknologi komputerisasi untuk menjalankan proses operasinya. Pemesanan masih dicatat secara manual di buku oleh pemilik Sparring Game Center. Setelah banyak catatan, pemilik kesulitan memeriksa jadwal dan ruangan yang masih tersedia. Pemilik juga tidak membuat laporan penjurnalan dan pemesanan untuk membuat laporan keuangan perusahaan. Untuk mengatasi masalah ini, dibuat aplikasi pemesanan ruangan berbasis web. Aplikasi ini dibuat menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan model waterfall, dan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta basis data MySQL. Pengujian fungsionalitas aplikasi dilakukan dengan metode Black Box Testing. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi ini membantu pelanggan memilih jadwal dan ruangan pemesanan yang masih tersedia tanpa harus mengantri di tempat. Selain itu, membantu pemilik mencatat pemesanan ruangan, yang datanya akan dimasukkan ke dalam buku besar, penjurnalan, dan laporan pemesanan. Karena setiap pelanggan dikenakan uang muka sebesar 50% dari total pemesanan, sistem pemesanan dapat mengurangi kemungkinan pelanggan membatalkan pemesanan.

Kata Kunci: pemesanan, aplikasi, waterfall, PHP, MySQL

References

A. Afif, Interviewee, Wawancara Profil Sparring Game Centre. [Interview]. 24 Oktober 2022.

L. P. Dewi, U. Indahyanti and Y. H. S, "Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Activity Diagram UML dan BPMN (Studi Kasus FRS Online)," Repository Petra, pp. 3-4, 2012.

E. A. Febrianti, "Rencana Bisnis Rental Playstation Rizky Sejahtera," Repository Untag Surabaya, p. 2, 2021.

J. S. Pasaribu, "Pembuatan Aplikasi Pemesanan Banner Di Warna," JITTER (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan), Vols. Volume 7, No 2, 15 April 2021, p. 140, m2021.

S. Bahri, "Accounting," in Pengantar Akuntansi Berdasarkan SAK ETAP dan IFRS Edisi III, Yogyakarta, Penerbit ANDI, 2020, pp. 55-56.

R. Rochmawati and R. Novita, "Pengembangan Modul Akuntansi Berorientasi Kontekstual Pada Materi Mencatat Transaksi Ke Jurnal Umum Perusahaan Jasa," Jurnal Pendidikan Akuntansi , vol. VOL 2 NO 1, p. 3, 2014.

R. Zulkarnain, S. Indrias and D. Hermanto, "Sistem Informasi Manajemen Pembelian dan Penjualan Berbasis Website Pada PT Raja Jaya Sukses Abadi," pp. 3-5, 2019.

R. and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika, 2013.

E. R. Susanto And F. Ramadhan, "Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Web Perizinan Praktik Tenaga Kesehatan Menggunakan Framework Codeigniter Pada Dinas Kesehatan Kota Metro," Jurnal Tekno Kompak, Vols. Vol. 11, No. 2, Pp. 2-3, 2017.

H. Hamidah and O. Rizan, "Rancangan Aplikasi Monitoring Kamera Cctv Untuk Perangkat," Ti Atma

Luhur : JURNAL TEKNOLOGI INFORMATIKA DAN KOMPUTER, Vols. Vol 3, No 2, p. 46, 2016.

W. S. Warpala, Z. A. Hasibuan, A. B. Mutiara, I. W. Santyasa, R. Munir, P. I. Santosa, G. R. Dantes and K. Agustini, Prosiding Senapati Ke-6 Tema : Penguasaan dan Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Menyongsong MEA, Singaraja - Bali: Senapati Ke-6, 2015.

Downloads

Published

2024-02-05

Issue

Section

Program Studi D3 Sistem Informasi Akuntansi