Perancangan Dan Implementasi Sistem Pendeteksi Kelembaban Dan Ph Tanah Berbasis Esp32 Di Hutan Akasia Mangium

Authors

  • Kristian Fery Sianturi Telkom University
  • Aris Hartaman Telkom University
  • Sugondo Hadiyoso Telkom University

Abstract

Abstrak — Kertas adalah bahan yang terbuat dari serat selulosa yang diambil dari kayu dan dibuat menjadi lembaran tipis. Kertas sangat berfungsi dalam kehidupan sehari hari. Salah satu jenis kayu yang digunakan dalam pembuatan kertas adalah kayu Acacia Mangium. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi kertas dalam skala besar menghabiskan 2,8 juta ton pulp pertahun yang diambil dari pohon Acacia Mangium dan menghasilkan 850.000 ton kertas pertahun. Untuk menjaga proses produksi tetap berjalan dengan stabil maka, perludilakukannya pembuatan hutan produksi. Untuk menjaga hutan produksi Akasia mangium tetap berjalan stabil, tentu tidak lepas dari yang namanya kualitas tanah. Pada penelitian in penulis memperkenalkan karya untuk memantau parameter tanah termasuk tingkat pH tanah dan kelembaban tanah berbasis Internet of Things. Perangakat keras yang digunakan adalah ESP32, sensor Soil Moisture, sensor pH tanah, Liquid Crystal Display (LCD) 20x4 I2C dan untuk aplikasi yang dugunakan adalah BlynkApp dan Telegram yang berfungsi sebagai pengontrol dan sarana unutk menampilkan hasil dari pembacaan sensor. Hasil dari pengujian ini menggunakan beberapa sample tanah sebagai bahan ujicoba. Ketika pengujian dilakukan dengan memasukkan masing-masing sensor kedalam tanah, akan didapatkan hasil yang akan ditampilkan di LCD dan Telegram. Perancangan ini dapat mempermudah apabila pengguna ingin mengetahui baik buruknya suatu tanah yang mau dijadikan sarana tumbuhnya pohon Acacia Magium.

Kata kunci— Internet of Things, Unsur Hara, Acacia Mangium, Kertas

References

D. M. R. Lydie-Stella Koutika, "Acacia mangium Willd: benefits and threats associated with its increasing use around the world," Koutika and Richardson Forest Ecosystems, 2019.

A. M. B. Teodora Goreti, "KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN BAWAH TANAMAN AKASIA (Acacia mangium Willd) DI BUKIT PENGHIJAUAN MANDOR," JURNAL HUTAN LESTARI, vol. 9, no. 1, pp. 14-24, 2021.

S. S. Farhan Adani, "INTERNET OF THINGS: SEJARAH TEKNOLOGI DAN PENERAPANNYA," ISU TEKNOLOGI STT MANDALA, vol. 14, no. 2, pp. 92-99, 2019.

K. K. D. A. ,. J. A. B. Y. Hijri Juliansyah, "Pelatihan Pengukuran PH Tanah (Mitra Desa Blang Gurah)," Jurnal Pengabdian Kreativitas, vol. 1, no. 1, pp. 24-28, 2022.

S. B. ,. S. H. K. S. B. Elius Hilungka, "Karakteristik sifat fisik dan pH tanah pada lahan percobaan Manggoapi Fakultas Pertanian Universitas Papua Manokwari," Jurnal AGROTEK, vol. 8, no. 2, pp. 38-43, 2020.

K. S. S. Suci Rahmatika Cahyaningprastiw, "SUHU DAN KELEMBAPAN TANAH PADA POSISI TOPOGRAFI DAN KEDALAMAN TANAH BERBEDA DI TAMAN SEJATI KOTA SAMARINDA," Jurnal AGRIFOR, vol. 20, no. 2, pp. 189-198, October 2021.

S. Hamdan Adma Adinugraha, "Wordpress," 19 May 2011. [Online]. Available:https://forestryinformation.wordpress.com/2011/05/19/akasiaacacia-mangium/. [Accessed 7 September 2023].

S. M. N. A. S. I. Gillang Al Azhar, "Peningkatan Kestabilan Sistem Kontrol UGV melalui Optimalisasi Manajemen Core dan Free- RTOS pada ESP3," Jurnal Elkolind, vol. 10, no. 2, pp. 253-264, July 2023.

I. N. P. I. P. A. D. Ida Bagus Made Lingga Pradirta, "SISTEMPENDETEKSI BANJIR DAN BADAI ANGIN SERTA MONITORING CUACA BERBASIS INTERNET OF THINGS," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 9, no. 5, pp. 1037-1046, 2019.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Program Studi D3 Teknologi Telekomunikasi