Perancangan Dan Implementasi Website Ujipetik Sebagai Media Validasi Pasang Baru Menggunakan Framework Laravel Pt. Telkom Indonesia

Authors

  • Agung Hardianto Telkom University
  • Rohmat Tulloh Telkom University
  • Feriq Muhammad Darojat Telkom University

Abstract

Abstrak — Website digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk untuk memberikan informasi, promosi, bisnis, menjual produk ataupun validasi. Dalam suatu instansi pasti dibutuhkan sebuah website yang mampu membantu pekerjaan agar lebih efisien. PT.Telkom Indonsia terdiri dari beberapa tim diantaranya tim Fulfilment. Tim Fulfilment bertanggung jawab untuk validasi data pasang baru pelanggan yang terindikasi mengalami gangguan dalam waktu dekat. Proses validasi pasang baru dilakukan secara manual sehingga seringkali mengalami salah input data pelanggan yang mengakibatkan pendataan salah. Solusi yang ditawarkan penulis yaitu membuat webiste validasi pengolah data yang dinamai Ujipetik. Ujipetik memiliki fitur menambahkan data pelanggan kepada petugas dan data petugas akan diterima oleh validator. Tujuan dirancangnya website ujipetik untuk mempermudah proses validasi pasang baru dan meminimalisir salah input data pelanggan. Hasil dari perancangan website Ujipetik menggunakan kuesioner survei yang diisi oleh 17 users telah didapatkan hasil rata-rata 52,9% respon sangat setuju dan 47,1% respon setuju menilai website Ujipetik membantu dalam validasi, kemudian didapatkan hasil rata-rata 35,3% respon sangat setuju dan 64,7% respons setuju mengenai fitur pada website Ujipetik, lalu didapatkan hasil rata-rata 47,1% respon sangat setuju dan 52,9% respon setuju mengenai fitur yang dapat digunakan dengan mudah dan didapatkan hasil rata-rata 52,9% respon sangat setuju dan 47,1% respon setuju untuk kepuasaan terhadap website Ujipetik

Kata kunci— Website, Laravel, Ujipetik, Validasi

References

J. Asmara, "Rancang Bangun Sistem Informasi DesaBerbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala)", 2019.

F. Ihsan, M. Asep dan Hafidudin, "PerancanganWebsite Untuk Layanan Kesehatan Pada Klinik CitraSehat Bandung Menggunakan Laravel", 2023.

L. Farizan, "Pengunaan Framework Laravel DalamRancang Bangun Modul Back-End Artikel WebsiteBisnisbisnis.ID", 2017.

C. Frederick dan R. Bernard, "Analisa dan DesainSistem Bimbingan Tugas Akhir Berbasis Web denganStudi Kasus Fakultas Teknologi Informasi', 2005.

F. Astria, W. Hans dan N. Xaverius, "Sistem InformasiPerpustakaan Online Berbasis Web", 2016.

M. Radian, "Perancangan Sistem Informasi KRS(KartuRencana Studi) Online Berbasis PHP dan MYSQL,2012.

S. Muhammad, S. Ade dan E. Chandra, "AplikasiInventaris Barang pada MTS Nurul Islam DumaiMenggunakan PHP dan MYSQL, 2019.

S. Lia, "Pembuatan Website E-Commerce Butik DiarLutfi Surakarta", 2012.

R. Amalia, R. Della dan A. Zafira, "Analisa PerformansiJaringan Telekomunikasi Fiber to the Home (FTTH)Menggunakan Metode Power Link Budget Pada KlusterBhumi Nirwana Balikpapan Utara", 2022.

Downloads

Published

2024-02-07

Issue

Section

Program Studi D3 Teknologi Telekomunikasi