Perancangan Dan Implementasi Jaringan Ftth (Fiber To The Home) Pt2 Di Perumahan Kerta Mulya Residence Kuningan Jawa Barat

Authors

  • Fajar Pratama Telkom University
  • Aris Hartaman Telkom University
  • Nanda Tama Habibi Telkom University

Abstract

Abstrak - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara kita menjalani kegiatan sehari-hari. Internet telah menjadi satu dari sekian kebutuhan dasar, dan kualitas akses internet yang cepat dan andal sangat penting. Salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan ini adalah melalui perancangan dan implementasi jaringan FTTH (Fiber To The Home). Pada Proyek Akhir ini dilakukan perencanaan jaringan FTTH yang dilakukan di Perumahan Kerta Mulya Residence, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan No.35 Jawa Barat. Perancangan ini dilakukan mulai dari perancangan jaringan FTTH menggunakan Software AutoCAD dan Google Earth. Kemudian dilakukan simulasi menggunakan bantuan Software Optisystem. Lalu dilakukan perhitungan power link budget untuk menuntukan parameter standarisasi jaringan FTTH yang telah dibuat agar sesuai dengan standar ITU-T G.984 dan ketentuan PT Telkom Akses. Berdasarkan hasil perhitungan dan simulasi yang telah dilaksanakan untuk arah downstream dan upstream didapatkan hasil daya terima memenuhi standar ITU-T G.984 dan ketentuan PT Telkom Akses yaitu tidak melebihi sensitivitas detector sebesar -28 dBm. Nilai power link budget untuk jarak terjauh dan terdekat sebesar -20 dBm. Nilai yang didapatkan berada dibawah batas nilai waktu simulasi pada Software Optisystem untuk arah downstream sebesar -19 dBm. Dan arah upstream sebesar -4.704 dBm. Dari hasil perhitungan dan simulasi dan disimpulkan bahwa jaringan FTTH yang telah dibuat dapat dikatakan layak dan memiliki kualitas transmisi yang baik.

Kata kunci - FTTH, Jaringan Serat Optik, Power Link Budget.

References

S. Siregar, Y. Ananda, and M. Pinem, "Analisis Power Budget Pada Komunikasi Serat Optik di Sto Telkom Simpang Limun ( SPM ) - Komplek Pemda Seksama," no. 70, pp. 14-21, 2022.

Y. Yustini, A. A. Asril, H. N. Nawi, R. Hafizt, and A. Warman, "Implementasi dan

Perfomansi Jaringan Fiber To The Home dengan Teknologi GPON.," J. Teknol. Elekterika, vol. 5, no. 2, p. 59, 2021.

R. Rahmania, "Analisis Power Budget Jaringan Komunikasi Serat Optik Di Pt.Telkom Akses Makassar," Vertex Elektro, vol. 1, no. 2, pp. 52-64, 2019.

M. Syahroni, P. Teknologi, R. Jaringan, J. T. Elektro, P. N. Lhokseumawe, and I. Pendahuluan, "Perancangan Jaringan Fiber To The Home (FTTH) Di Desa Asir-Asir Dengan Metode Link Power Budget Dan Rise Time Budget," vol. 4, no. 2,2020.

P. Muliandhi, E. H. Faradiba, and B. A. Nugroho, "Analisa Konfigurasi Jaringan FTTH dengan Perangkat OLT Mini untuk Layanan Indihome di PT. Telkom Akses Witel Semarang," Elektrika, vol. 12, no. 1, p. 7, 2020.

Telkom Akses, "Spesifikasi FTTH," pp. 1-194, 2018.

Telkom Indonesia, "Konfigurasi FTTH ( Fiber To The Home )"2018.

M. Nurwahidah, "Analisis Jarak Jangkauan Jaringan Fiber To The Home ( FTTH ) dengan Teknologi Gigabit Passive Optical Network ( GPON ) Berdasarkan Link Power Budget," Pros. Semin. Nas. Tek. Elektro dan Inform., no. September, pp. 203-207, 2021.

D. S. S. Sinaga, F. Imansyah, and F. T. P. W, "Implementasi Optisystem pada Perancangan Akses Fiber to The Home (FTTH) dengan Teknologi Gigabit Passive Optical Network (GPON)," J. Tek. Elektro Univ. Tanjungpura, vol. 2, pp. 1-10, 2020.

P. Mahrifatika, I. Maulana, K. M. Fauziah, and D. Aribowo, "Perencanaan Jaringan

Akses Optik Ftth Menggunakan Teknologi GPON (Gigabit Passive Optical Network)," Perenc. Jar. Akses Opt. Ftth Menggunakan Teknol. Gpon (Gigabit Passiv. Opt. Network), vol. 1, no. 2, pp. 52-58, 2023.

F. Pahlawan, D. A. Cahyasiwi, and K. Fayakun, "Perancangan Jaringan Akses Fiber To the Home ( FTTH ) Menggunakan Teknologi Gigabit Passive Optical Network ( GPON 53 ) Studi Kasus Perumahan Graha Permai Ciputat," Semin. Nas. Teknoka, vol. 2, no. 2502, pp. 47-54, 2017.

ITU-T, "Telecommunication Standardization Sector of ITU-T G.984", 2019.

Downloads

Published

2024-02-08

Issue

Section

Program Studi D3 Teknologi Telekomunikasi