Sisdapor : Pembuatan Aplikasi Pencatatan Nilai Pada Sekolah Dasar Berbasis Android

Authors

  • Rifki Padilah Telkom University
  • Si Gede Ngurah Chandra Adi Natha Telkom University
  • Mia Rosmiati Telkom University

Abstract

Abstrak — Sekolah dasar adalah suatu bangunan atau lembaga pendidikan yang mewadahi kegiatan belajar megajar yang berkaitan dengan atau tentang dasar-dasar pendidikan. Sekolah Dasar dilakukan dalam kurun waktu enam tahun, mulai dari kelas satu sampai dengan kelas enam dan merupakan suatu lembaga dengan organisasi yang tersusun rapi dan segala aktivitasnya sudah direncanakan dengan sengaja yang disebut kurikulum. Dalam pendidikan penilaian menjadi bagian penting khususnya sekolah dasar, penilaian akan memberikan gambaran mengenai pembelajaran siswa selama menempuh pendidikan dasar kepada orang tua siswa untuk menggambarkan perkembangan ataupun pencapaian siswa baik secara akademik maupun non-akademik. Akan tetapi dalam era teknologi seperti sekarang penilaian rapor masih ditulis secara manual dengan kertas hal tersebut, akan mengakibatkan penilaian menjadi terlalu lama, dan menyusahkan guru dan orang tua jika ingin mengakses informasi prestasi siswa. Maka dari itu dibuatlah aplikasi untuk memudahkan orang tua dan guru untuk melihat informasi mengenai penilaian atau prestasi siswa secara langsung Aplikasi ini adalah aplikasi pencatatan nilai pada sekolah berbasis android yang memudahkan guru dalam melakukan pencatatan ataupun penilaian terhadap siswa, dan juga aplikasi ini dapat membantu mempermudah dalam proses penilaian siswa, sehingga orang tua dapat lebih mudah memahami dan melihat prestasi siswa serta melihat perkembangan nilai dari siswa dan memberikan dukungan yang tepat untuk pembelajaran siswa kedepannya.

Kata Kunci: Primary School, Grading, Assesment, Application

References

S. C. DURI, "SISTEM PENILAIAN," [Online]. Available: https://slbcendana-duri.ypcriau.or.id/sistem-penilaian/.

K. A. Aka, "MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELJARAN PKn," JURNAL PEDAGOGIA, p. 35, 2016.

P. P. Dasar, "Pendidikan Dasar : Pengertian, Tujuan & Fungsinya Lengkap," [Online]. Available: https://www.pendidik.co.id/pendidikan-dasar/.

M. SOVIA MAS AYU, "Sistem Penilaian Dalam Pembelajaran," [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/94291/sistem-penilaiandalam-pembelajaran.

Putra, "PENGERTIAN ANDROID: Sejarah, Kelebihan & Versi Sistem Operasi," 23 Oktober 2019. [Online]. Available: https://salamadian.com/pengertian-android/. [Accessed 2023].

Oriza, "Mengenal Android Studio : Pengertian, Manfaat, fitur, dan Cara Install," [Online]. Available: https://idmetafora.com/news/read/701/Mengenal-AndroidStudio-Pengertian Manfaat-fitur-dan-Cara-Install.html.

M. Rouse, "Android SDK," [Online]. Available:https://www.techopedia.com/definition/4220/android-sdk.

RevoU, "Apa itu Kotlin," [Online]. Available: https://revou.co/kosakata/kotlin.

idcloudhost, "Apa itu Firebase? Pengertian dan Cara Kerjanya," [Online]. Available: https://idcloudhost.com/panduan/apa-itu-firebase/.

B. Interactive, "Firebase: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya," [Online]. Available: mhttps://badr.co.id/id/firebase-adalah/.

Firebase, "Cloud Storage for Firebase," [Online]. Available: https://firebase.google.com/docs/storage?hl=id.

Downloads

Published

2024-02-08

Issue

Section

Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi