Aplikasi Vr Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Umkm Dengan Studi Kasus Desa Pariwisata

Authors

  • Mohammad Fahri Telkom University
  • Fat’hah Noor Prawita Telkom University

Abstract

Abstrak — Pemanfaatan Bahasa Inggris sebagai sarana komunikasi global telah meresap ke dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk diplomasi, pendidikan, bisnis, perdagangan, ekonomi, politik, dan budaya. Oleh karena itu, kemampuan berbahasa asing, khususnya Bahasa Inggris, menjadi kompetensi krusial bagi para pelaku Usaha UMKM. Peran signifikan Bahasa Inggris dalam perkembangan UMKM semakin penting, mengingat pelanggan yang dilayani oleh UMKM tidak hanya berasal dari Indonesia. Ini mendorong pengusaha UMKM Indonesia untuk menguasai Bahasa Inggris guna memberikan layanan yang optimal. Sejalan dengan itu, dikembangkanlah aplikasi Threeling VR, sebuah platform pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Realitas Virtual (VR) yang ditujukan bagi para pengusaha UMKM. Pengguna dapat berinteraksi menggunakan pengenalan suara, menjalani proses pembelajaran komunikasi secara real-time dengan avatar 3D yang membantu melatih keterampilan berkomunikasi serta pengucapan Bahasa Inggris. Hasil uji coba yang melibatkan 32 responden (53% pria, 47% wanita) menunjukkan respons yang positif, dengan rata-rata efektivitas, kegunaan, dan kepuasan mencapai 81,35%. Angka tersebut mencerminkan kesepakatan kuat responden terhadap aplikasi ini, sejalan dengan rentang persetujuan antara 75-100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Threeling VR memiliki potensi untuk membantu pelaku UMKM dalam mempelajari seni berkomunikasi dan berbicara dalam Bahasa Inggris dengan efektif.

Kata Kunci —Bahasa Inggris, UMKM, Virtual Reality, Komunikasi

References

Saepuloh, A. & V., A. Salsabila. 2022.

Abdillah, Fadil, Cepi Riyana, & Muthia Alinawati. 2018.

Pengetahuan Alam Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama=. Universitas Pendidikan Indonesia. Vol 2. No 1.

Surani, Dewi. & Kusuma, Aria Cendana. 2020.

Rianto,dkk.2015. https://www.researchgate.net/publication/333267383_PERAN_UMKM_MENGHADAPI_MEA_2015_MELALUI_PELATIHAN_BAHASA_INGGRIS.

TelkomUniversity, "Pentingnya Bahasa Inggris dalam Mengembangkan Usaha Pelaku UKM" [Online]. Available: https://telkomuniversity.ac.id/en/theimportance-of-english-in-developing-sme-businesses/.

Luh, Sri Damayanti. 2019. https://ojsjourney.pib.ac.id/index.php/art/article/download/42/34.

Pemerintah Indonesia. 2021. Peraturan Pemerintah (PP) No. 7 Tahun 2021. tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil,

dan Menengah. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/161837/ppno-7-tahun-2021

Hastuti, dkk., Kewirausahaan dan UMKM.2020. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Nugroho, Agung. 2019.

Setiawan, R., I., 2013. "Strategi Pemasaran Pendukung Sektor Pariwisata: Perspektif Marketing Mix dan Balanced Scorcard (Studi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kota Blitar),". STIE Kesuma Negara Blitar 5(2):91.

Khasiati, Aprilia Isnaini Nur.(2019) http://etheses.iainkediri.ac.id/2314/

Putro, H., T., 2015

Burdea, Grigore, C., & Coiffet, Philippe.2003. VirtualReality Technology.Canada:John Wiley & Sons, Inc.

Mihelj, M., Novak, D., & Begus, S. 2014. Virtual Reality Technology and Applications. Vol 68. New York, London: Springer Science+Business Media Dordrecht.

Maulana, M., R., 2019.

Menard, M. & Wagstaff, B., 2015. Game Development with Unity, Second Edition. Boston:Cengage Learning PTR

Downloads

Published

2024-02-08

Issue

Section

Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi