ARabic : Aplikasi Belajar Hijaiyah Berbasis Augmented Reality

Authors

  • Alifia Ulil Albab Telkom University
  • Cahyana Cahyana Telkom University

Abstract

Abstrak — Usia dini adalah masa dimana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Salah satu pendidikan agama Islam yang harus diajarkan kepada anak sejak dini adalah pembelajaran Al-Qur’an khususnya kemampuan membaca Al-Qur’an. Tahap dasar pembelajaran AlQur’an adalah pengenalan huruf Hijaiyah. terdapat satu model gaya belajar yang dapat memberikan pembelajaran yang kreatif, aktif dan juga termasuk model pembelajaran yang efektif yaitu model pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK). Augmented Reality merupakan gabungan antara dunia nyata dan virtual. Dengan keuntungan tersebut, augmented reality dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang kreatif, dan efektif. maka dari itu pada Proyek Akhir ini akan dikembangkan aplikasi ARabic yaitu aplikasi belajar mengenal huruf Hijaiyah berbasis Augmented Reality (AR). Dengan adanya aplikasi ARabic dapat menjadi alternatif media pembelajaran mengenal huruf Hijaiyah sesuai dengan model pembelajaran VAK. Dari hasil pengujian yang dilakukan, aplikasi dapat berjalan dengan baik dan hasil pengujian usability testing menggunakan kuesioner memperoleh skor rata-rata 88,85% pengguna (Orang tua) 91,37% pengguna (Anak) sangat setuju, ini menunjukkan bahwa aplikasi ARabic berjalan dengan baik sebagaimana mestinya dan sesuai dengan rencana.

Kata Kunci : Anak usia dini, Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK), Augmented Reality

References

HARAHAP, S,PD, ERNAWATI; , NARSIH, S.PD.I; JUWITA, S.PD, TITA; , ET AL, PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF ISLAM, JAWA TENGAH: PT. NASYA EXPANDING MANAGEMENT, 2022.

N. M. MUSTAF DAN M. BASRI,

, PROF. DR. EDWITA, M.PD.; , PROF. DR. FAHRURROZI, M.PD.; , DR. TOTOK BINTORO, M.PD; ET AL, MODEL-MODEL PEMBELAJARAN, JAKARTA TIMUR: UNJ PRESS, 2022.

A. R. SAFIRA, M.PD, MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI, GRESIK, JAWA TIMUR: CAREMEDIA COMMUNICATION, 2020.

DWI FORTUNA, NOVANDARU ACHNIVANDARA; HERMAWAN, HARDIKA DWI, ET AL,

HILLARY, AUDREY; GUSTALIKA, ET AL,

Downloads

Published

2024-02-09

Issue

Section

Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi