Implemantasi CI/CD Pada Proyek E-RBA

Authors

  • Argian Raditya Putra Telkom University
  • Hariandi Maulid Telkom University
  • Muhammad Purwadi PT Tabel Data Informatika

Abstract

Abstrak—Penelitian ini menyajikan sebuah studi tentang implementasi Continuous Integration/Continuous Deployment (CI/CD) pipeline di lingkungan kantor untuk mendukung pengembangan proyek E-RBA dengan source code yang kompleks. CI/CD merupakan metodologi pengembangan perangkat lunak yang mengintegrasikan integrasi kode, dan otomatisasi proses deploy guna meningkatkan efisiensi dan kualitas pengembangan. Penelitian ini fokus pada proyek E-RBA yang merupakan proyek aplikasi web skala menengah yang sedang dikembangkan oleh tim di kantor PT Tabel Data Informatika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi waktu siklus pengembangan, meningkatkan kualitas perangkat lunak, serta mencapai proses deploy yang lebih stabil dan konsisten melalui implementasi CI/CD pipeline.

Kata Kunci — PT Tabel Data Informatika, DevOps, CI/CD, Gitlab, Kubernetes.

References

GitLab. "What is Continuous Integration (CI)?" [Online]. Tersedia: https://docs.gitlab.com/ee/ci/introduction/ [Diakses pada 23 Juli 2023].

Gilang V. Perdana, https://gbesar.com/main/baca/Monitoring%20Kubernetes%20Cluster%20bersama%20Lens/all[Diakses pada 23 Juli 2023].

Atlassian. "What is Continuous Deployment?" [Online]. Tersedia: https://www.atlassian.com/continuousdelivery/continuous-deployment [Diakses pada 23 Juli 2023].

Fowler, M. "Continuous Integration." [Online]. Tersedia: https://martinfowler.com/articles/continuousIntegration.html [Diakses pada 23 Juli 2023].

Docker. "Docker Overview." [Online]. Tersedia: https://www.docker.com/what-docker [Diakses pada 23 Juli 2023].

GitLab. "Continuous Integration." [Online]. Tersedia: https://docs.gitlab.com/ee/ci/ [Diakses pada 23 Juli 2023].

Shah, A. "Kubernetes Tutorial: Learn Kubernetes Stepby-Step." Guru99, 2022. [Online]. Tersedia: https://www.guru99.com/kubernetes-tutorial.html [Diakses pada 23 Juli 2023].

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi