Pelatih Olahraga Virtual Berbasis Augmented Reality Menggunakan Body Tracking

Authors

  • Firdhaus Dwi Sukma Telkom University
  • Mochammad Naufal Fauzi Telkom University
  • Fat'hah Noor Prawita Telkom University

Abstract

Abstrak— Di masa pandemi, banyak orang yang mencari cara untuk tetap berolahraga di rumah atau di lingkungan sekitar. Salah satunya, penggunaan aplikasi olahraga membantu masyarakat untuk tetap berolahraga dengan mudah dan nyaman di rumah. Berdasarkan data yang diberikan oleh Adjust pada bulan Maret 2020, banyak pengguna yang menggunakan aplikasi khususnya aplikasi olah raga, salah satunya fitnes. Oleh karena itu, diciptakanlah aplikasi ARFI yang merupakan singkatan dari Augmented Reality Fitness. Aplikasi ini merupakan aplikasi android berbasis Augmented Reality. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan fitnes untuk mengetahui benar atau tidaknya gerakan yang dilakukannya dengan menggunakan fitur body tracking pada aplikasi AFRI. Dengan dibuatnya aplikasi ARFI ini dapat membantu pengguna dalam berolahraga dengan bantuan pelatih olahraga virtual yang menggunakan fitur Augmented Reality.

Kata Kunci — Augmented Reality, sports, aplication

References

Tiahn Wetzler, " Tren aplikasi kesehatan & fitness terus meningkat di tahun 2021" [Online]. Available: https://www.adjust.com/id/blog/health-fitness-appstrend-upwards-in-2021/.

Adi Ahdiat, " WHO: Mayoritas Remaja Jarang Olahraga," [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/20/who-mayoritas-remaja-jarang-olahraga.

I. Mustaqim, S. T. Pd, N. Kurniawan, http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.

M. Martinez-Zarzuela1,"Action Recognation System Based On Human Body Tracking",2014.[Online].Available : https://www.researchgate.net/publication/260158859_Action_recognition_system_based_on_human_body_tracking_with_depth_images.

Ratna Aisuwarya, Meilisa Prilisia, Werman Kasoep, "Implementasi Kinect Body Tracking pada Sistem Pemindai Biometrik",[Online].Available:https://www.neliti.com/id/publications/174776/implementasi-kinect-body-tracking-pada-sistem-pemindaibiometrik.

I. Mustaqim, S. T. Pd, N. Kurniawan, http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/.

Raymond R, Arie L, Brave A, "Perancangan Brosur Interaktif Berbasis Augmented Reality," [Online]. Available:https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/elekdankom/article/view/9991/9576.

Oriza, https://idmetafora.com/news/read/701/MengenalAndroid-Studio-Pengertian-Manfaat-fitur-dan-CaraInstall.html

D. Fauziah, "Android Studio," [Online]. Available: http://eprints.polsri.ac.id/5596/3/BAB%20II.pdf.

Yoga Sahria http://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/169/175

Carisa

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi