Pengembangan Aplikasi Portal Istana untuk Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia

Authors

  • Azriel Risywan Attaufiqi Telkom University
  • Hariandi Maulid Telkom University
  • Muhammad Purwadi PT Tabel Data Informatika

Abstract

Abstrak — Kementerian Sekretariat Negara Indonesia mengembangkan aplikasi web Portal Istana untuk memudahkan pelayanan pendaftaran kunjungan ke Istana Kepresidenan. PT. Tabel Data Informatika dipercaya untuk mengembangkan aplikasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah website yang memudahkan publik dalam mengakses informasi seputar Kementrian Sekretariat Negara dan melakukan pendaftaran kunjungan Istana Kepresidenan. Analisis hasil pelaksanaan kerja menunjukkan bahwa pada tahap pendaftaran kunjungan Istana, sistem akan menerima input form pendaftaran dan pada tahap validasi, sistem akan mengambil data Istura yang perlu divalidasi oleh admin dan menerima input Istura ditolak atau diterima dari Admin. Hasil kerja penelitian menunjukkan bahwa fitur pendaftaran kunjungan Istana dapat berjalan dengan baik dan membantu publik dalam mengakses informasi tentang Istana Kepresidenan.

Kata Kunci—Kementerian Sekretariat Negara, PT Tabel Data Informatika, Website, Istura

References

Negara, Kementerian Sekretariat,

Arhandi, Putra Prima. "Pengembangan Sistem Informasi Perijinan Tenaga Kesehatan dengan Menggunakan Metode Back End dan Front End." Jurnal Teknologi Informasi: Teori, Konsep, Dan Implementasi 7.1 (2016).

Devano Zaidan, Muhammad. https://informatics.uii.ac.id/2022/08/02/mengenal- node-js-dan kelebihannya/#:~:text=Node.js%20dapat%20meng%2Dhandle,dari% 20sisi%20client.

Downloads

Published

2024-02-14

Issue

Section

Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi