Simonic : Sistem Monitoring Suhu, Kelembapan Dan Nutrisi Tanaman Hidroponik Berbasis Iot

Authors

  • Andi Nur Halisha Telkom University
  • Yohana Wati Gurning Telkom University
  • Gandeva Bayu Satrya Telkom University

Abstract

Abstrak — Hidroponik merupakan suatu cara budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Akan tetapi dengan menggunakan media hidroponik diperlukan perawatan dan monitoring yang cukup agar tanaman dapat bertumbuh dengan baik. Sehingga untuk membantu petani mengefisienkan pemantauan kebutuhan - kebutuhan tanaman diperlukan bantuan teknologi sehingga monitoring dapat dilakukan secara otomatis dan dapat memantau hasil monitoring dari jarak jauh untuk melakukan monitoring suhu ruangan, kelembaban dan kadar nutrisi pada media tanaman, tanpa harus melakukan pengukuran manual satu per satu. Maka dari itu dibutuhkan inovasi untuk menjawab permasalahan yang ada.. Dengan demikian Sistem Monitoring Suhu, Kelembaban dan Nutrisi Tanaman Berbasis IOT dibuat untuk mempermudah melakukan monitoring sehingga tanaman hidroponik dapat dengan mudah dipantau sehingga berkembang secara maksimal dengan sistem monitoring yang dapat dipantau melalui smartphone. Sistem ini dibuat menggunakan mikrokontroller arduino uno yang nantinya akan terintegrasi dengan Arduino Studio dan hasil pengujian sistem ini dapat menunjukkan nilai suhu, kelembaban dan nutrisi melalui LCD yang tersedia pada alat dan melalui tampilan pada aplikasi Simonic.

Kata Kunci — Hidroponik , Monitoring, Suhu, Kelembapan, Nutrisi, IOT

References

Pamungkas Lindu., Pratolo Rahardjo dan Gusti Agung Putu Raka Agung. 2021. Rancang Bangun Sistem Monitoring Pada Hidroponik NFT (Nurtient Film Tehcnique) Berbasis IoT. Jurnal SPEKTRUM. Universitas Udayana.

Burhanuddin, Ridwan Muchlis. 2019. Sistem Monitoring Tanaman Hidroponik Dengan Sensor pH, Suhu Air dan Pemupukan Berbasis Internet Of Thing. Jurnal Teknologi Informasi dan Elektro. Universitas Teknologi Yogyakarta.

Darmawan, I, A. 1997. Pengaruh Topoklimat terhadap produksi dan Kualitas Selada (Lactuca sativa L.). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Skripsi.

King Tirto. (18 September 2023). Sistem NFT (Nutrient Film Technique). [Online]. Available : https://hidroponiq.com/2014/07/sistemnft-nutrientfilmtechnique/ . [Accesed 18 September 2023]

Ijan Fernando Manullang , Syafrizal Hasibuan , Rita Mawarni CH. 2019. Pengaruh Nutrisi Mix dan Media Tanam Berbeda Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) Secara Hidroponik dengan Sistem Wick. Jurnal Bernas Agricurtural Research Journal.

Downloads

Published

2024-02-14

Issue

Section

Program Studi D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi