PERANCANGAN BACKEND PADA WEBSITE MONITORING DAN KONTROL PERANGKAT LISTRIK BERBASIS IOT UNTUK PENGHEMATAN ENERGI LISTRIK DI PT. TELKOM INDONESIA TBK

Authors

  • Abie Rizki Pratama Telkom University
  • Dadan Nur Ramadan Telkom University
  • Danang Tjatur Widjajadi Telkom University

Abstract

Abstrak -  Listrik menjadi salah satu kebutuhan utama yang tidak bisa dipisahkan oleh kehidupan sehari-hari saat ini. Penggunaan listrik yang berlebihan akan menyebabkan pemanasan global hingga kelangkaan listrik. Seiring perkembangan zaman, manusia mampu menciptakan dan mengembangkan teknologi yang sudah ada untuk mempermudah pekerjaan manusia yang dapat diselesaikan dengan cepat dan praktis. Teknologi ini yang biasa kita sebut IoT (Internet of Things). Tidak hanya smart home seperti yang kita kenal sekarang, smart office juga sudah banyak ditemukan pada era transformasi digital saat ini. Karena era persaingan digital, bisnis dituntut untuk mendukung teknologi baru agar para tenaga kerja memberikan kinerja yang lebih baik dan efisien. Sebelumnya, sudah dibuat perancangan monitoring dan kontrol perangkat listrik pada perusahaan PT Telkom Indonesia TBK khususnya pada lantai 5 Gedung Graha Merah Putih menggunakan platform Home Assistant. namun pada platform tersebut tidak memenuhi permintaan oleh mitra dikarenakan kurangnya identitas dari perusahaan sendiri. Pada Proyek Akhir ini akan dilakukan perencanaan dan analisis pembuatan website DEFA untuk mengontrol perangkat AHU dan lampu khususnya pada backend dengan menggunakan database MySql sebagai otentikasi pengguna dan localserver python untuk mengirimkan perintah ke cloud Tuya IoT Platform. Hasil dari perencanaan backend website terkait fungsionalitas terhadap fitur-fitur pada sistem aplikasi website yang dibuat bahwa beberapa perangkat dapat muncul dan sesuai datanya kemudian perangkat dapat dikontrol melalui website dan rata-rata penggunaan bandwidth sangat minim pada aktivitas website.

Kata kunci : smart office, backend, home assistant, website

References

C. FELTON, "Smart Office Market To Witness A CAGR Exceeding 13% By 2025 - Global Demand, Share, Key Players Analysis, Drivers And Forecast Report | Million Insights," 2020.

R. Pangestika and D. T. Raden, "Pengembangan Back-end Sistem Informasi Pendataan Sekolah Desa Komunitas Pendar Foundation Yogyakarta," 2020.

D. Alfian, "Perancangan Aplikasi Website Berbasis IoT Untuk Pemantauan dan Kontrol Pada PLTA di Desa Tambolosu Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara," vol. 10, 2023.

A. C. Fatiyah, "PENGUJIAN FUNGSIONAL DAN NON FUNGSIONAL APLIKASI WEB BORONGAJAYUK," vol. 6, 2019.

D. K. P. Rahayu, "UNIT TESTING PADA APLIKASI WEB MOBILE (STUDI KASUS BISNIS JASA LAUNDRY)," p. 79, 2020.

H. Fahmi, "ANALISIS QOS (QUALITY OF SERVICE) PENGUKURAN DELAY, JITTER, PACKET

LOST DAN THROUGHPUT UNTUK MENDAPATKAN KUALITAS KERJA RADIO STREAMING YANG BAIK," Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 7, 2018.

Downloads

Published

2024-02-10

Issue

Section

Program Studi D3 Teknologi Telekomunikasi