Rancang Bangun Produk Pemutus Saklar Otomatis Dengan Jam Sukat Bergana Berbasis Mikrokontroler

Authors

  • Herin Damara Ditya Telkom University
  • Mohamad Ramdhani Telkom University
  • Ilhamsyah Ilhamsyah Telkom University

Abstract

Abstrak Penghuni rumah, kost-kostan, apartemen, maupun hotel dan sebagainya sering kali teledor akan penggunaan listrik yang berlebihan dan bahkan sampai lupa untuk mematikan listrik ketika akan meninggalkan hunian tersebut. Perbuatan seperti ini yang akan membuat biaya listrik pada hunian mereka membengkak dan akan membuat rugi pemilik rumah dan sebagainya.

Tujuan dari proyek akhir ini adalah untuk merancang alat pemutus saklar otomatis dengan jam sukat bergana berbasis mikrokontroler. Jam sukat bergana ialah kata lain dari stopwatch yang sudah digital, sistem utama pada alat ini menggunakan mikrokontroler sebagai pengendali utamanya. Untuk memutus dan menyambung jalur atau kabel listik ke alat elektronik digunakan rangkaian Solid State Relay (pengganti saklar).

Hasil yang didapat dari perancagan dan pengujian, produk ini dapat mengaktifkan dan mematikan alat elektronik secara otomatis pada hunian masyarakat yang tersambung dengan produk ini sebagai bebannya. Alat yang dibuat juga mempunyai akurasi yang sama dengan ketepatan aplikasi stopwatch yang berada di handphone sehingga alat yang sudah disetel waktunya akan bekerja sesuai dengan waktu sesungguhnya. Dalam pengujian akurasi terhadap waktu yang dilakukan selama 60 detik, didapatkan hasil akurasi sebesar 100% yang artinya stopwatch yang bekerja di mikrokontroler tidak terdapat delay dengan stopwatch yang berada di handphone.

Kata kunci :Mikrokontroler, LCD, Solid State Relay, Jam Sukat Bergana (stopwatch)

Downloads

Published

2015-12-01

Issue

Section

Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi