Implementasi Network Attached Storage (nas) Untuk Digital Library Smk Prakarya Internasional Bandung

Authors

  • Faishol Shavalas Choiri Rizal Telkom University
  • Indrarini Dyah Irawati Telkom University
  • Rohmat Tulloh Telkom University

Abstract

Abs trak SMK Prakarya Internas ional Bandung memiliki s ebuah perpus takaan konvens ional, yaitu s ebuah perpus takaan yang memiliki buku -buku yang diletakkan dalam rak-rak. Namun dengan s eiring perkembangan zaman, referens i-referens i pendidikan mulai banyak yang berbentuk softfile. Selama ini, untuk membagi softfile ters ebut ke para pelajar, s elalu dengan menggunakan flas hdis k. Hal ini s angat merepotkan karena jumlah s is wa yang banyak. Untuk itu, muncul s ebuah ide untuk membangun NAS s ebagai media penyimpanan virtual yang bi sa diaks es melalui internet.

NAS ini kemudian di integras ikan dengan s ebuah webs ite digital library. Proyek Akhir ini bertujuan untuk membangun NAS ters ebut. NAS dibangun dengan OS FreeNAS yang di ins tall pada s alah s atu komputer perpus takaan. Komputer s erver ters ebut kemudian dis ambungkan dengan jaringan lokal SMK PI, s ehingga FreeNAS tidak hanya bis a diaks es diperpus takaan s aja, namun juga bis a diaks es di s eluruh gedung.

Performans i NAS ditunjukkan melalui beberapa parameter, yaitu bandwidth, CPU Us age, Sys tem Load, s erta jumlah maks imal us er yang mampu ditampung dalam s atu waktu. Has il p engukuran yang telah dilakuka n menunjukkan bahwa bandwidth bernilai antara 1 s ampai 12 Mbit/s ec, CPU Usage dengan rata-rata 1%, System Load dengan rata-rata 0,06, s erta s imulas i jumlah maks imal user yang mampu ditampung oleh s erver menggunakan jmeter, dengan has il maks imal 400 user dalam s atu waktu.

Kata Kunci : Digital Library, FreeNAS, Bandwidth, CPU Usage, System Load

Downloads

Published

2015-12-01

Issue

Section

Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi