Perancangan Dan Implementasi Sistem Distribusi Video E-Learning Menggunakan Kabel Koaksial Pada Departemen Teknik Industri, Universitas Telkom

Authors

  • Andrea Andrea Telkom University
  • Hafidudin Hafidudin Telkom University
  • Tengku Ahmad Riza Telkom University

Abstract

Kebutuhan akan sebuah layanan multimedia sebagai media pembelajaran yang berbasis video e-learning jarang ditemukan di berbagai institusi pendidikan. Video merupakan media komunikasi yang sangat menarik untuk variasi proses belajar mengajar baik sebagai media penyampaian materi, maupun peningkatan atensi dan antusiasme bagi pelajar.

Perancangan skenario ideal untuk proses distribusi konten video e-learning melalui jaringan koaksial ( RG11) di Departemen Teknik Industri Universitas Telkom dengan menggunakan sistem broadcast yang real time yang telah di rancang dengan software cable tools. Skenario tersebut mencakup komponen penyusun yang terdapat pada headend, dan kabel koaksial.

Dengan perancangan ini diharapkan proses pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan dan mencapai parameter (CSO, CNR, dan CTB). Dan memudahkan publikasi suatu informasi dalam gedung departemen teknik industri.



Kata Kunci : Koaksial, e-learning, multimedia

Downloads

Published

2015-04-01

Issue

Section

Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi