Perancangan Dan Implementasi Website Sisfo Di Smk Dr Tjipto Semarang

Authors

  • Anas Pratama Telkom University
  • Muhammad Iqbal Telkom University
  • Wahono Setyomulyo Telkom University

Abstract

Pada era digital ini, teknologi dan informasi tidak hanya digunakan seseorang atau lembaga sebagai media pemasaran melalui internet. Akan tetapi juga bisa berfungsi sebagai media informasi pendidikan. Namun pada kenyataannya masih banyak sekolah ataupun lembaga pendidikan yang belum memiliki website sebagai media informasi. Salah satunya SMK DR. Tjipto Semarang. Pada SMK tersebut belum memiliki website resmi. Dan proses pendidikan yang meliputi input data siswa, proses penyampaian informasi tentang sekolah tersebut masih dilakukan secara manual dan data masih berupa data analog.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pada proyek akhir ini dibuat suatu aplikasi website sisfo dimana website tersebut mencakup informasi tentang SMK Dr Tjipto Semarang dan website sistem informasi nilai untuk siswa di SMK Dr Tjipto Semarang. Yang mana dapat menangani proses input data siswa dan guru, proses input data nilai siswa serta menampilkan data presensi siswa dan guru SMK DR Tjipto Semarang.

Dengan adanya aplikasi ini, proses manajemen data siswa dan data guru terkait pendataan, input nilai siswa, serta menampilkan jumlah kehadiran untuk siswa dan guru dapat dilakukan dengan lebih baik dan mudah dengan aplikasi website ini. Dengan demikian aplikasi website ini bisa bermanfaat bagi guru, anggota staf sekolah, siswa serta SMK DR Tjipto Semarang lebih maju dalam pengembangan sekolah kearah lebih baik.

Kata kunci: Website sisfo, Aplikasi, php, html, mysql, server databse.

Downloads

Published

2015-04-01

Issue

Section

Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi