Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Belajar Aksara Sunda Di Sman 1 Tasikmalaya

Luky Rakhman Husen, Agus Ganda Permana, Suci Aulia

Abstract

Abstrak
Aksara Sunda merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Untuk itu pula materi aksara sunda masuk dalam kurikulum muatan lokal bagi lembaga pendidikan di Jawa Barat. Namun dalam pelaksanaannya para peserta didik maupun masyarakat pada umumnya tetap merasa kesulitan dalam mempelajari dan mengaplikasikan cara menulis aksara sunda. Hal ini dikarenakan tidak adanya cara mempelajari aksara sunda yang mudah, praktis dan menarik. Untuk itu dibutuhkan suatu alat bantu belajar aksara sunda yang efektif.


Pada proyek akhir ini akan dirancang suatu aplikasi belajar aksara sunda yang berbasis android dengan menggunakan software Eclipse untuk aplikasi android dan Photoshop untuk konten gambarnya. Pada konten aplikasinya akan dilengkapi “touch to speechâ€, sehingga selain mempelajari penulisan, pengguna juga bisa mengetahui bunyi huruf dengan mendengarkan suara dari perangkat. Di dalam aplikasi ini akan terdapat 2 bagian utama, yaitu belajar dan praktik. Bagian belajar berisi bentuk huruf dan angka dalam aksara sunda beserta cara penulisannya. Pada bagian praktik terdapat game untuk mengetahui seberapa jauh pengguna memahami aksara sunda.


Selain aplikasi android, pada proyek akhir ini akan dilengkapi website pendukung. Website ini berfungsi untuk menyimpan pembaruan aplikasi, media untuk publikasi tugas tambahan guru dan info tentang aplikasi.


Perancangan aplikasi ini diharapkan dapat membantu pengguna dalam mempelajari aksara sunda. Selain itu juga diharapkan aplikasi ini menjadi media belajar yang menghibur, sehingga selain sebagai media untuk belajar juga digunakan untuk hiburan.





Kata Kunci : Android, Aksara Sunda, Eclipse, Website.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0