PERANCANGAN KAMPANYE TRANSPORTASI PUBLIK GUNA MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT KOTA BANDUNG UNTUK MENGGUNAKAN TRANS METRO PASUNDAN

Iqbal Tawakkal, Jiwa Utama, I Gusti Agung Rangga Lawe

Abstract

Rasio pengguna transportasi pribadi dan pengguna kendaraan umum sangat jomplang, yaitu pengguna kendaraan pribadi sebanyak 81,77% sedangkan pengguna kendaraan umum hanya sebanyak 18,23%. Data observasi memperlihatkan bahwa banyak masyarakat Kota Bandung belum menggunakan Trans Metro Pasundan sebagai salah satu transportasi umum dikarenakan kebiasaan yang belum terbangun dan kurangnya informasi di lapangan serta belum ada sosialisasi yang tepat. Jika dibiarkan maka Kota Bandung akan mengalami kolaps dalam beberapa tahun ke depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif serta model analisis yang digunakan adalah AISAS. Sementara untuk teorinya menggunakan teori komunikasi, kampanye, desain komunikasi visual, fotografi, videografi, warna, layout, tipografi, dan media. Hasil akhir dari penelitian ini adalah perancangan kampanye transportasi publik.

Kata kunci: kampanye, kebiasaan, trans metro pasundan

Full Text:

PDF

References

Mulyana, Deddy. (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Rosda Karya.

Lastriana, Nova. (2021). Dorong Penggunaan Transportasi Umum, Dishub Terus Tingkatkan Kualitas. Diakses pada https://www.bandung.go.id/news/read/5710/dorongpenggunaan-transportasi-umum-dishub-terus-tingkatkan-kualitas (25 Maret 2023,

30).

Rustan, Surianto. (2008). Layout, Dasar & Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, Surianto. (2013). Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Safanayong, Yongki. (2006). Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta: ARTE INTERMEDIA

Santoso, Sigit. (2009). Creative Advertising. Jakarta: Gramedia.

Setiawan, Ridwan, Abdul Azis Wahab dan Prayoga Bestari. (2021). Kesadaran Masyarakat dalam Penggunaan Jasa Transportasi Publik Di Kota Bandung. Jurnal Civicus 21 (1).

Sugiyama, K., & Andree, T. (2011). The Dentsu Way: Secrets of Cross Switch Marketing from The Worlds Most Innovative Advertising Aggency. New York, NY: McGraw-Hill.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Temanbus. (2020). Daftar Koridor & Halte. Diakses pada https://temanbus.com/bandung/ (25 Maret 2023, 14.00).

Venus, Antar. (2004). Manajemen Kampanye: Panduan Teoretis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Widyaningrum, Damayanti. (2012). Penggunaan Daya Tarik Emosional pada Iklan Pajak di Televisi. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL 1 (4): 252-253.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.