PENERAPAN MODEL HUMAN COMPUTER INTERACTION UNTUK MENGATASI KETERGANTUNGAN DISABILITAS FISIK DALAM BERAKTIVITAS OUTDOOR

Penulis

  • Rd. Muhammad Sopian Putra Pratama Telkom University
  • Fajar Ciptandi Telkom University
  • Andreas Rio Adriyanto Telkom University

Abstrak

Keterbatasan penyandang disabilitas fisik mempengaruhi kehidupan mereka di masyarakat. Pemerintah berupaya memberikan aksesibilitas dan kesempatan yang sama bagi semua warga, tanpa memandang keterbatasan fisik. Namun, aksesibilitas fasilitas publik masih belum optimal karena tidak memenuhi standar desain universal. Kurangnya informasi tentang fasilitas dan layanan untuk penyandang disabilitas fisik juga menjadi hambatan. Oleh karena itu, perlu penyebaran informasi melalui teknologi yang dapat diakses oleh penyandang disabilitas fisik, seperti smartphone dengan fitur canggih. User interface harus memperhatikan kemudahan penggunaan bagi penyandang disabilitas fisik agar dapat mendukung mobilitas mereka. Penyebaran informasi tentang fasilitas publik yang ramah terhadap disabilitas dan layanan khusus harus didukung dengan user interface yang mudah dipahami oleh pengguna. Dalam merancang user interface untuk aktivitas outdoor, digunakan metode user centered design dengan tahapan memahami konteks penggunaan, menentukan kebutuhan pengguna, menghasilkan solusi desain, dan mengevaluasi desain tersebut. Pengujian dilakukan menggunakan metode single ease question dan system usability scale dengan melibatkan 5 orang penyandang disabilitas fisik dengan usability testing pada penelitian ini mendapatkan nilai 6 (mudah) dan 7 (sangat mudah) untuk single ease question (seq) dan nilai 86 (acceptable, grade scale B, excellent) untuk system usability scale (sus).

Kata kunci: Aktivitas Outdoor, Disabilitas Fisik, User Centered Design, User interface, Single ease question, System Usability Scale

Referensi

Alan Cooper, R. R. (2007). About Face 3 The Essensials of Interaction Design. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.

Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale. Journal of usability studies, 4(3), 114-123.

Barat, P. P. (2022, December 23). Dashboard Penduduk Disabilitas. Diambil kembali dari dashboard.jabarprov: Sumber:

https://dashboard.jabarprov.go.id/id/topic/kependudukan/pendudukdisabilitas-jawa-barat Basuki, A. (t.thn.). Makna Warna Dalam Desain. Dipetik Juli 15, 2019, dari http://basuki.lecturer.pens.ac.id/lecture/MaknaWarnaDalamDesain.pdf

Handayani. (2023, February 4). Kendala yang dihadapi tunadaksa dalam mobilitas dan aksesbilitas. (S. Sopian, Pewawancara)

Jean-Pierre Peters, C. T. (2005). Embedded Reading Device for Blind People: a User Centered Design. Applied Imagery Pattern Recognition Wrkshop.

Jefri, T. (2016). Aksesibilitas Sarana dan Prasarana bagi Penyandang Tunadaksa di Universitas Brawijaya. IJDS Universitas Brawijaya, 16-25.

Joni Dawud, S. W. (2019). Strategi Perwujudan Kota Bandung Sebagai Kota Ramah Penyandang Disabilitas : Sebuah Perspektif Aksesibilitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Negara, 141-159.

Laubheimer, P. (2018, February 11). Beyond the NPS: Measuring Perceived Usability with the SUS, NASA-TLX, and the Single Ease Question After Tasks and Usability Tests. Diambil kembali dari https://www.nngroup.com/:

https://www.nngroup.com/articles/measuring-perceived-usability/

Nielsen, J. (2000, March 18). Why You Only Need to Test with 5 Users. Diambil kembali dari Nielsen Norman Group:

https://www.nngroup.com/articles/why-you-only-need-to-test-with-5-

users/

Nielsen, J. (2012, June 3). Nielsen Norman Group How Many Test Users in a Usability Study? Diambil kembali dari Nielsen Norman Group:

https://www.nngroup.com/articles/how-many-test-users/

Sheila Wijayanti, L. P. (2022). Smartphone Menjadi Kebutuhan Primer Mahasiswa Dalam Aktivitas Perkuliahan. Mizania: Jurnal Ekonomi dan Akuntansi 2, 190-195.

Soewardikoen, D. W. (2021). Metodologi Penelitian Desain komunikasi Visual - Edisi Revisi. PT KANISIUS.

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. (t.thn.).

Zahra Sharfina, H. B. (2016). An Indonesian Adaptation of the System Usability. ICACSIS, 145-148.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

Program Studi S2 Desain