DESAIN APLIKASI "BEBERSIH" DALAM MENJAGA KEBERSIHAN BARANG PRIBADI BAGI MAHASISWA

Authors

  • Naufal Halim Telkom University
  • Syarip Hidayat Telkom University
  • Ganjar Gumilar Telkom University

Abstract

Kebersihan merupakan salah satu kunci hidup sehat, namun seringkali disalah pahami pada saat realisasinya. Karena sehat tidak harus berawal dari hal-hal besar seperti mengkonsumsi makanan atau minuman dengan harga yang mahal. Kesehatan bisa didapatkan melalui hal kecil seperti menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan. Dalam permasalahan ini, yang dimaksudkan adalah kebersihan barang pribadi seperti halnya bantal dan guling yang seringkali terabaikan di lingkungan tempat tinggal mahasiswa. Selain itu akomodasi khusus yang mewadahi dalam hal ini juga terbilang jarang, sehingga faktor tersebut mempengaruhi mahasiswa dalam menjaga kebersihan diri sendiri maupun barang pribadi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif yang dibantu dengan analisis SWOT dan matriks perbandingan, pengumpulan data pada penelitian ini memakai beberapa metode seperti wawancara, kuesioner, dan observasi. Tujuan dari perancangan ini adalah menciptakan perancangan aplikasi informatif dan solutif yang membahas tentang menjaga kebersihan barang pribadi bagi mahasiswa. Pada perancangan ini akan terdapat berbagai macam informasi dan solusi dari permasalahan kebersihan yang ada. Berbagai macam media pendukung untuk membantu penyebaran mengenai perancangan karya ini akan dibuat berupa desain sosial media, konten-konten menarik, desain visual. Sehingga pada akhirnya perancangan ini dapat membantu mahasiswa dalam menjaga kebersihan diri sendiri maupun barang pribadi.

Kata kunci : Perancangan Aplikasi, Kebersihan Barang Pribadi, Mahasiswa.

References

Putra, R. W. (2021). Pengantar desain komunikasi visual dalam penerapan.Penerbit Andi.

Ardian, A., & Fernando, Y. (2020). Sistem Imformasi Manajemen Lelang Kendaraan Berbasis Mobile (Studi Kasus Mandiri Tunas Finance). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 10-16. Schlatter, T., & Levinson, D. (2013). Visual usability: Principles and practices for designing digital applications. Newnes.

El Ghiffary, M. N., Susanto, T. D., & Prabowo, A. H. (2018). Analisis komponen desain layout, warna, dan kontrol pada antarmuka pengguna aplikasi mobile berdasarkan kemudahan penggunaan (studi kasus: aplikasi olride). Jurnal Teknik ITS, 7(1), A143-A148.

Taroreh, G. R., Resmadi, I., & Hidayat, S. (2020). a_ SPerancangan Ui/ux Aplikasi Mobile Tentang Parenting dan Mengenal Karakter Anak untuk Orang Tua Di Indonesiaa_. eProceedings of Art & Design, 7(2).

Desintha, S., & Varian, R. (2020). User interface website situs batujaya

karawang. Titik Imaji, 2(2).

Soedewi, S., Swasty, W., Mustikawan, A., & Naufalina, F. E. (2021). Information Architecture pada Aplikasi E-Commerce:(Studi Komparasi Aplikasi Shopee dan Tokopedia). Jurnal Bahasa Rupa, 5(1), 22-34.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual