DESAIN BOOKLET PRODUK PERUSAHAAN HANDAYANI GEULIS BATIK BOGOR

Authors

  • Salsa Shaula Widyasari Telkom University
  • Paku Kusuma Telkom University
  • Dimas Krisna Aditya Telkom University

Abstract

Kain Batik merupakan salah satu warisan budaya negara Indonesia, di mana pola unik diterapkan pada kain tradisional ini menggunakan teknik pewarnaan lilin dengan menggunakan alat canting. Salah satu kota yang melestarikan budaya batik adalah Kota Bogor. Meskipun Kota Bogor bukan kota batik, tetapi Handayani Geulis Batik Bogor didirikan untuk melestarikan budaya Bogor melalui media yang berbeda dan menyebarkan budaya batik di Indonesia. Tantangan dalam melestarikan batik terdapat di kalangan Generasi Z dengan rentang usia 10 – 27 tahun , jika Gen Z tidak melestarikan, mencintai dan menyayangi batik maka budaya membatik akan luntur dan terlupakan. Oleh karena itu, budaya batik harus dilestarikan dengan cara menggunakan batik dan mengetahui filosofi batik agar selalu menjadi kebanggaan negara Indonesia dan mengenai minat masyarakat terhadap filosofi pola kain batik. Diperlukannya sebuah solusi berupa bookler untuk mempromosikan perusahaan Handayani Geulis Batik Bogor kepada kalangan generasi z di Kota Bogor. Perancangan media promosi ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Data ini dianalisis menggunakan triangulasi data dengan membadingkan 3 metode pengumpulan data. Tujuan dari pembuatan booklet ini adalah mempromosikan perusahaan dan meningkatkan nilai penjualan pada perusahaan Handayani Geulis Batik Bogor. Dalam perancangan ini, penulis membuat booklet dengan kreatif dan sesuai dengan target audiens.

Kata Kunci : Batik Bogor, Handayani Geulis Batik Bogor, Media Promosi, Motif

References

Adriyanti, W. P., Suwardikun, D. W., & Tohir, M. (2018). Perancangan Identitas Visual & Penerapannya Pada Media Promosi Tempat Wisata Kabupaten Sragen . e-Proceeding of Art & Design, 1719.

Caillaud, S., & Flick, U. (2017). Focus Group in Triangulation Contexts. In R. Barbour & D. Morgan (Eds) Advances in Focus Groups Research. Hampshire (UK): Palgrave Macmillan.

Dharmmesta, B. S. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE. Gemilang, R., & Christiana, E. (2016). Pengembangan Booklet Sebagai Media

Layanan Informasi Untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo. Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi.

Haming, M., & Nurnajamuddi, M. (2014). Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa (Edisi Ketiga). Jakarta: Bumi Aksara.

Kusrianto, A. (2010). Pengantar Tipografi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Musman, A., Ambar B, & Arini. (2011). Batik: Warisan Adiluhung

Nusantara.Yogyakarta: Andi Offset.

Noordiono, A. (2016). Karakter Generasi Z dan Proses Pembelajaran Pada Program Studi Akuntansi UNAIR. Jurnal UNAIR.

Prasetyo, P. A., & Aditya, D. K. (2019). Perancangan Komik Digital Tentang Mitigasi Bencana Untuk Usia Remaj. e-Proceeding of Art & Design, 3864. Sanyoto, & Sadjiman. (2010). Nirmana

Satmoko, S., & Astuti, H. T. (2006). Pengaruh Bahasa Booklet Pada Peningkatan Pengetahuan Peternak Sapi Perah Tentang Inseminasi Buatan Di Kelurahan Nongkosawit, Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Jurnal Penyukuhan, Vol 2 No. 2.Soeharto,, H. (1997). Batik. Jakarta: Yayasan Harapan Kita.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran (edisi 2). Yogyakarta: Andi. Widarwati, . (1993). Desain Busana 1. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Yuliani, R., Kusuma, P., & Sastrosubroto, A. N. (2015). Perancangan Souvenir Art Book Kain Sasirangan Sebagai Media Promosi Pemerintah Kota Banjarmasin.

e-Proceeding of Art & Design.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual