PERANCANGAN STRATEGI MEDIA PROMOSI UMKM DE BENTA

Authors

  • Naomi Hasian Yuliana Telkom University

Abstract

Masyarakat Indonesia sudah semakin menyadari pentingnya kesehatan bagi tubuh. Gluten merupakan salah satu protein dalam makanan, namun ada beberapa bagian masyarakat yang memiliki pantangan terhadap gluten. De Benta merupakan salah satu UMKM yang berlokasi di kota Tangerang dan memproduksi makanan dalam kemasan yang tidak mengandung gluten. Permasalahan dari De Benta yaitu kurangnya kesadaran masyarakat akan produk dari De Benta sehingga dibutuhkan suatu perancangan media promosi dan marketing komunikasi. Metode penelitian ini dilakukan dengan empat cara yaitu observasi, wawancara, kuisioner, dan studi pustaka melalui analisis data SWOT dan analisis matriks perbandingan. Media yang akan dirancang yaitu media sosial Instagram, Whatsapp, dan beberapa media pendukung untuk menyelesaikan permasalahan dari De Benta. Tujuan dari perancangan ini yaitu untuk mendapatkan suatu pesan dengan media promosi yang dapat meningkatkan kesadaran brand De Benta.

Kata kunci : Bebas gluten, UMKM De Benta, Media Promosi

References

Aldy, R. C., & Dwija, I. D. (2018). Perancangan Ulang Identitas Visual Dan Media Promosi Event Festival Tjimanoek Indramayu. e-Proceeding of Art & Design : Vol.5, No.3, 2.

Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, T. D., Fajriyah, L., Astuti, I. A., . . . Suseni, K. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran

Perspektif Pada Era Society 5.0=. Makassar: Tohar Media.

Hapsari, A. D., Putra, I. D., & Komariah, S. H. (2017). Perancangan Media Kampanye Manfaat Buah Pisang Untuk Usia 18-24 Tahun Di Kota Bandung. eProceeding of Art & Design : Vol.4, No.3, 3.

Ibrahim, M. N. (2021). Produk Kreatif dan Kewirausahaan Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Yogyakarta: Andi.

Lestari, F. A., Putri, K. R., Mulyana, M., Sari, Y. P., Syamsiyah, N., Sarjana, S., . . .

Siska, A. (2022). Kewirausahaan. Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Madiyant, M. (2022). Copywriting: Retorika, Iklan, dan Storytelling, Teori dan Teknik Menulis Naskah Iklan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Novalinda, & Andriana, M. (2021). NIRMANA SKETSA DASAR. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Nurhidayah, L., & Putra, I. D. (2015). Perancangan Media Promosi Museun Negeri Jawa Barat Sri Baduga. e-Proceeding of Art & Design : Vol.2, No.2, 2.

Patria, A. S., & Kristiana, N. (2022). TIPOGRAFI. Surabaya: Unesa University Press.

S, A. A., & Concept, T. L. (2010). Tinjauan Desain Grafis dari Revolusi Industri Hingga Indonesia Kini. Jakarta: Concept Media.

Siregar, A. N., Dwija, I. D., & Komariah, S. H. (2020). Perancangan Identitas Visual Untuk Wisata Pantai Mangrove Di Kabupaten Serdang Bedagai. eProceeding of Art & Design : Vol.7, No.2, 4.

Subroto, B. (2011). Pemasaran Industri: Business to Business Marketing.

Yogyakarta: Andi.

Tisnadiwangsa, S. G., Soewardikoen, D. W., & Fauzy, M. T. (2021). Perancangan Identitas Visual dan Media Promosi UMKM Sambal Bawang MM. eProceeding of Art & Design : Vol.8, No.6, 3.

Tjin, E. (2012). Fotografi Itu Mudah! Jakarta: Bukune.

Triadi, D., & Bharata, A. S. (2010). Ayo Bikin Iklan: Memahami Teori & Praktek Iklan Media Lini Bawah. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux

Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan

Aplikasi Figma. Jurnal Digit: Digital of Information Technology, 10(2), 208-219.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual