PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI PRODUK SUSU UHT 'FRISIAN FLAG'

Penulis

  • Muhammad Daffa Sena Pernata Telkom University
  • Apsari Wiba Pamela Telkom University
  • Rahmiati Aulia Telkom University

Abstrak

Hadirnya minuman kemasan disambut dengan sangat baik oleh mahasiswa dikarenakan dapat dikonsumsi dan didapatkan dengan mudah. Mahasiswa seringkali mendapatkan tekanan akademik yang berdampak pada pola makan dan konsumsi makanan atau minuman instan. Karena waktu terbatas banyak orang yang menyepelekan hal-hal yang sebenarnya penting, seperti tidak memilih asupan yang sehat untuk tubuhnya, salah satunya minuman kemasan. PT Frisian Flag Indonesia memiliki brand yang berpotensi sebagai pengganti sarapan sehat rendah gula, yaitu susu siap minum Frisian Flag. Susu siap minum Frisian Flag memiliki kendala berupa kurangnya awareness konsumen terhadap produk tersebut, dikarenakan kurangnya promosi dan target market yang masih sama dengan brand utama dari PT Frisian Flag Indonesia, yaitu susu kental manis Frisian Flag. Oleh karena itu dibutuhkan strategi baru untuk membedakan susu siap minum Frisian Flag dengan susu kental manis Frisian Flag, hal tersebut harus dilakukan agar konsumen mengerti posisi dan perbedaan dari kedua brand tersebut. Tentunya untuk mencapai hal tersebut, teori- teori yang digunakan juga harus sesuai untuk membantu terwujudnya capaian yang diinginkan. Solusi untuk permasalahan ini merupakan rancangan strategi promosi baru untuk produk susu siap minum Frisian Flag berbeda dengan brand utama PT Frisian Flag Indonesia, yaitu susu kental manis Frisian Flag.

Kata kunci: Promosi, Rendah Gula, Waktu Terbatas

Referensi

Frisianflag.com (2017). Tentang kami. Diakses pada 12 Maret 2023, dari

https://www.frisianflag.com/perusahaan-kami/tentang-kami

Hanum, Z., & Hidayat, S. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian sepatu merek nike di kota medan. Jurnal Bis-A: Jurnal Bisnis Administrasi, 6(1), 37-43.

Hartini, V. T. (2021). RANCANG BANGUN ALAT PEDETEKSI KADAR GULA PADA MINUMAN BERPERISA MENGGUNAKAN SENSOR KAPASITIF. Jurnal Fokus Elektroda : Energi Listrik, Telekomunikasi, Komputer, Elektronika Dan Kendali). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:244228478 Indomilk.com (2022). Tentang Perusahaan. Diakses pada 12 Maret 2023, dari https://www.indomilk.com/id/tentang-kami

Ilhamsyah. (2021a). Pengantar Strategi Kreatif ADVERTISING ERA DIGITAL. Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=1wwVEAAAQBAJ

Ilhamsyah, I. (2021b). Pengantar strategi kreatif Advertising Era Digital. Penerbit Andi. https://books. google. co. id/books.

Kn_ppel, A., Shipley, M. J., Llewellyn, C. H., & Brunner, E. J. (2017). Sugar intake from sweet food and beverages, common mental disorder and depression: prospective findings from the Whitehall II study. Scientific reports, 7(1), 6287. https://doi.org/10.1038/s41598-017-05649-7

Kotler, P. (2017). Principles of Marketing. Pearson.

Lustig, Dr. R. (2011). This Addictive Commonly Used Food Feeds Cancer Cells , Triggers Weight Gain , and Promotes Premature Aging.

Pamela, A. W. (2021). Interpretasi Makna Menggunakan Teori Semiotika Pada Karya Desain Undangan Pernikahan Kelas Menengah untuk Pendidikan Seni dan Desain. Jurnal Penelitian Pendidikan.

https://api.semanticscholar.org/CorpusID:257755874

Putra, R. W. (2021). Pengantar desain komunikasi visual dalam penerapan. Penerbit Andi.

Soewardikoen, D. W. (2019). Metodologi Penelitian: Desain Komunikasi Visual. PT Kanisius.

Ultrajaya.co.id (2020). Produk. Diakses pada 12 Maret 2023, dari

https://www.ultrajaya.co.id/products/ultra-milk-flavour/ind

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual