PERANCANGAN UI/UX MOBILE APPS PENANGGULANGAN ADIKSI ROKOK PADA REMAJA DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Laroybavi Muhamad Telkom University
  • Rendy Pandita Bastari Telkom University
  • Aria Ar Razi Telkom University

Abstract

Rokok dikonsumsi oleh banyak kalangan usia. Permasalahan adiksi rokok menjadi tantangan tersendiri bagi para remaja yang ingin membenahi kehidupannya. Dalam kasus adiksi rokok, pecandu akan kesulitan mengurangi rokok setelah timbulnya ketergantungan fisik dan psikologis sehingga membentuk perilaku ketergantungan. Proses penanghentian adiksi rokok dapat dilakukan secara mandiri, namun tingkat keberhasilannya dinilai rendah dan dibutuhkan dukungan eksternal berupa psikolog untuk mengerti siklus adiksi rokoknya. Kemajuan teknologi mempermudah kegiatan manusia dalam menyelesaikan masalahnya. Di samping kemudahan tersebut, penggunaan aplikasi dapat mempermudah mengatasi masalah remaja akan susahnya menghentikan adiksi rokok. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan UI/UX dalam bentuk aplikasi mobile yang memiliki fungsi untuk menghentikan adiksi rokok pada remaja di kota Bandung dan menjadi media perantara pecandu dan psikolog. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu para remaja untuk dapat menghentikan adiksinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis visual dan analisis matriks perbandingan, dengan mengacu pada sembilan pokok bahasan yaitu multimedia, aplikasi mobile, design thinking, pendekatan komunikasi, logo, user Interface, user experience, desain komunikasi visual, dan business model canvas. Kajian mengenai kesembilan bahasan tersebut sangat berguna untuk memahami bagaimana merancang UI/UX yang tepat untuk menjawab permasalahan yang dialami para remaja.

Kata kunci: Aplikasi Mobile, UI/UX, Adiksi Rokok, Desain Komunikasi Visual

References

Alfarisi, A. (2019). Perumusan Strategi Business Model Canvas (BMC) pada Perusahaan Sandal Toyosima Singosari.

Budiawan, P. K., Suwardikoen, D. W., & Lukito, W. (2020). PERANCANGAN

APLIKASI PEMETAAN COFFEE SHOP DI KOTA BANDUNG.

Hidayat, A. (2023). TEORI DESAIN DAN PERANCANGAN LOGO.

Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan_: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran.

Pressman, R. S., & Maxim, B. (2014). Software Engineering: A Practitioner's Approach 8th Edition (8 ed.).

Razi, A. A., Mutiaz, I. M., & Setiawan, P. (2018). PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA MODEL PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENANGANAN LAPORAN KEHILANGAN DAN TEMUAN BARANG TERCECER. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 03(02). http://bit.do/demandia

Resmadi, I., & Bastari, R. P. (2022). Perancangan Media Informasidan Promosi Label Rekaman Musik Independen Warkop Musik Dengan Pendekatan Design Thinking.

Sirait, F., & Hanifati, G. (2022). Analisis User Experience terhadap User

InterfaceWebsite dengan Design Thinking(Studi Kasus: Asuransi Online

Superyou.co.id).

Soewardikoen, D. (2019). Metodologi Penelitian Desain Komunikasi Visual.

Wijayanto, S. (2022). PERANCANGAN PURWARUPA APLIKASI MOBILE UNTUK MENYAMPAIKAN PESAN SELF-LOVE.

Sumber Website: Badan Narkotika Nasional. 2013. MENGENAL ADIKSI. Diakses pada https://bnn.go.id/mengenal-adiksi/ (2 Juli 2023, 20:43).

Kementrian Kesehatan. 2018. Ingin Berhenti Merokok? Hubungi Layanan

Konseling Bebas Biaya 0-800-177-6565. Diakses Pada

https://p2ptm.kemkes.go.id/artikel-penyakit/ingin-berhenti-merokokhubungi-layanan-konseling-bebas-biaya-0-800-177-6565 (3 Agustus 2023, 00:43).

Kementrian Kesehatan. 2021. Peringati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Kemenkes Targetkan 5 Juta Masyarakat Berhenti Merokok. Diakses pada

https://www.kemkes.go.id/article/view/21060100002/peringati-hari-tanpatembakau-sedunia-kemenkes-targetkan-5-juta-masyarakat-berhentimerokok.html (2 Juli 2023).

Kementrian Kesehatan. 2022. Perokok Dewasan di Indonesia Meningkat Dalam Sepuluh Tahun Terakhir. Diakses pada

https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/perokok-dewasa-di-indonesiameningkat-dalam-sepuluh-tahun-terakhir (2 Juli 2023, 20:33).

Kementrian Kesehatan. 2022. Kandungan Rokok yang Berbahaya Bagi Kesehatan. Diakses Pada https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/406/kandunganrokok-yang-berbahaya-bagi-kesehatan (2 Juli 2023, 20:27).

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual