PERANCANGAN UI/UX LOKAPASAR “FRESHLY PICKED” BERBASIS APLIKASI MOBILE SEBAGAI MEDIA PENUNJANG BUSINESS TO BUSINESS BAGI AGGREGATOR DAN MITRA

Penulis

  • Salman Al Faridzi Telkom University
  • Paku Kusuma Telkom University
  • Dimas Krisna Aditya Telkom University

Abstrak

Rendahnya tingkat digitalisai di sektor pertanian membuat petani kesulitan untuk memasarkan produknya, sehingga apabila dibiarkan terlalu lama maka kualitas dari produknya pun akan menurun dan harga jualnya pun tidak optimal, dengan begitu petani membutuhkan peran aggregator pertanian. Aggregator pertanian merupakan pihak ketiga yang bertugas sebagai distributor untuk mengumpulkan produk hasil tani dari beberapa sumber pertanian untuk didistribusikan kepada mitra pertanian. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk merancang desain aplikasi yang optimal dan mudah digunakan bagi aggregator pertanian sebagai pihak distributor untuk meningkatkan digitalisasi di sektor pertanian khususnya pendistribusian hasil tani serta memudahkan sarana pertukaran informasi antara petani dan mitra petani untuk membantu memasarkan produk dengan cara memperluas jangkauan pasar dengan cepat dan mudah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara, dan studi Pustaka. Sehingga hasil dari penelitian ini mampu menghasilkan sebuah aplikasi dengan desain UI/UX yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan aggregator untuk mempermudah proses pendristibusian hasil panen secara digital.

Kata kunci: Aggregator, Aplikasi, Distribusi, Pertanian, UI/UX Desain

Referensi

Darta, S. (2015). Perancangan Aplikasi Mobile Panduan Wisata Museum di Jakarta Jurnal Tugas Akhir Universitas Telkom. E-Proceeding of Art & Design, 2(2), 687-694.

Kelana, Gracia., & Tiffany, P. (2022). Perancangan UI/UX Aplikasi KITATANI PRENEUR Untuk Manajemen Usaha Tani. Jurnal Ilmiah Real Tech, 18(2), 37-42.

Munthe, R. D., et all. (2018). Analisis User Experience Aplikasi Mobile Facebook (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal

Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(7), 2679-2688.

Pradita., W. Taufiq., & Fariha E. Naufalina. 2022. Perancangan Aplikasi

Putra, D. P., & Aditya, D. K. (2019). Perancangan Aplikasi Mobile sebagai Media Informasi UKM Warga Asih Kabupaten Bandung Barat. E-Proceeding of Art & Design, 6(2), 751-763.

Ramadhan. G. P., Nugraha, N. D., & Kusuma P. (2022). Aplikasi Syarat Kecakapan Umum Digital sebagai Upaya Modernisasi Gerakan Pramuka. e-Proceeding of Art & Design, 8(5), 2433-2453.

S. Milana, N. Novian Denny, & A. Diani. 2021. Perancangan User Interface Mobile Mengenai Pengetahuan Gizi dan Makanan Sehat Bagi Mahasiswa. eProceeding of Art & Design: 8(6): 3394-3400.

Internet

Alshami, Ammar. 2021. Aggregation Model: Why Aggregation in Agribusiness?. https://agfuse.com/article/aggregation-in-agribusiness. [Diakses pada 15 Februari 2023, 13.28 WIB]

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual