PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI MOBILE UNTUK MEMPERKENALKAN KESENIAN ANGKLUNG

Authors

  • Diana Novita Sari Telkom University
  • Novian Denny Nugraha Telkom University
  • Fariha Eridani Naufalina

Abstract

Di zaman sekarang, kepedulian terhadap budaya tidak mengakar kuat pada generasi muda saat ini termasuk kesenian angklung. Untuk itu, salah satu cara membuat kesenian angklung lebih menarik adalah dengan memanfaatkan media sosial dan teknologi yang ada. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan informasi dan pengetahuan mengenai kesenian angklung agar lebih dikenal oleh generasi muda dan menanamkan kesadaran, rasa cinta agar generasi muda ikut melestarikan kesenian angklung. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif seperti observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh budaya asing semakin berkembang menyebabkan generasi muda lebih menyukai alat musik yang lebih modern. Bahkan, mulai dari usia sekolah dasar sudah dengan mudah untuk membuka internet ataupun media sosial lainnya. Hal tersebut menyebabkan budaya, salah satunya kesenian tradisional angklung tergerus dan mulai terlupakan kepopularitasannya. Maka dari itu, diperlukannya media yang edukatif dan interaktif untuk memperkenalkan sekaligus mengedukasi generasi muda mengenai kesenian angklung.

Kata Kunci : Angklung, Edukatif, Interaktif, Menyenangkan

Author Biography

Fariha Eridani Naufalina

Telkom University

References

Anggraini, Lia dan Kirana Nathalia. (2018). Desain Komunikasi Visual : Dasar - dasar Panduan untuk Pemula. Nuansa Cendikia.

Kurniawan, E. Y. (2019). Pembelajaran Angklung Pada Siswa Kelas Xii Ipa Sman 13 Kabupaten Tangerang. JPKS(Jurnal Pendidikan Dan Kajian Sen)PGSD FKIP Univ.Muhammadiyah Tanggerang, 4(1), 1-11.

Pendahuluan, A. (2012). Dampak Globalisasi Terhadap Eksistensi Budaya Daerah. II(1), 307-321.

Purnomo, A. (2019). Design Sprint: 5 Hari Desain Produk untuk Sukses Wirausaha. Institut Teknologi Kreatif Bina Nusantara Malang, 1-5.

https://binus.ac.id/malang/2020/07/design-sprint-5-hari-desain-produkuntuk-sukses-wirausaha-1-3/

Putratama, M. P., Soedewi, S., & ... (2022). Perancangan User Interface Mobile Game Untuk Mengedukasi Tentang Pentingnya Kebersihan Gigi Dan Mulut Pada Anak usia 5-10 Tahun Di Jakarta. _ of Art & _, 9(3), 1856-1885.https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/18058%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/18058/17687

Sumaludin, M. M. (2022). Angklung Tradisional Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal. Prabayaksa: Journal of History Education, 2(1), 52.

https://doi.org/10.20527/pby.v2i1.5033

Peilouw, Gregorio Gilian. (2022, Januari 17). Mengembalikan Kesadaran

Generasi Muda Akan Hilangnya Kebudayaan Indonesia. Kumparan.com.

https://kumparan.com/gregorio-peilouw/mengembalikan-kesadaran-generasimuda-akan-hilangnya-kebudayaan-indonesia-1xJt4i91bE6

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual