PERANCANGAN VISUAL BRAND COMMUNICATION BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN (BPKP)

Penulis

  • Afra Larasanty Faruchy Telkom University
  • Rizki Yantami Arumsari Telkom University
  • Siti Hajar Komariah Telkom University

Abstrak

Lembaga pemerintahan Indonesia perlu melakukan pengelolaan reputasi untuk menciptakan kepercayaan publik sehingga membutuhkan adanya kesadaran (awareness) dari masyarakat terlebih dahulu. BPKP salah satu lembaga pemerintahan dibidang pengawasan dan juga auditor internal Presiden. BPKP memiliki peran penting dalam pelaksanaan pemerintahan, namun sampai saat ini keberadaannya belum banyak diketahui oleh masyarakat terutama terkait tugas, fungsi, dan kinerja yang telah dilaksanakan. Melihat begitu pentingnya BPKP dalam pelaksanaan pemerintahan, sehingga BPKP merasa perlu untuk meningkatkan awareness masyarakat melalui branding. Selama ini elemen dan unsur identitas visual pembentuk brand dari BPKP belum cukup untuk menunjang proses branding kepada masyarakat umum. Selain itu, strategi komunikasi yang digunakan oleh BPKP masih mengacu pada model konvensional. Melalui pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka, maka dianalisis dengan teori branding, brand communication, komunikasi pemasaran, dan desain komunikasi visual, sehingga diperoleh solusi visual brand communication untuk membantu BPKP dalam memaksimalkan branding yang telah ada.

Kata kunci: Lembaga Pemerintahan, Branding, Visual Brand Communication.

Referensi

Alfarisi, M. H., Soewardikoen, D. W., & Arumsari, R. Y. (2021). Identitas Visual dan Media Promosi Untuk Ikatan Beladiri Tsufuk Puteri Gading Indonesia. eproceeding of art & design.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Peneli}an Kualita}f Studi Pustaka dan Studi Lapangan. UIN Sunan Gunung Dja} Bandung.

Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles of Marke}ng (17th Global Edi}on ed.). New York: Pearson Educa}on.

Nugraha, A., & Prabawa. (2020). Perancangan Visual Brand Communica}on Museum Provinsi Kalimantan Barae. e-Proceeding of Art & Design.

Nugraha, A., Prabawa, B., & Bastari, R. P. (2020). Perancangan Visual Brand Communica}on Museum Provinsi Kalimantan Barat. eProceedings of Art & Design.

Oktaresa, B. (2022, November). (A. Larasanty, Interviewer)

Putra, R. W. (2021). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalm Penerapan.

Yogyakarta: Andi.

Saputra, B. (2023, Mei Kamis). BPKP: Media perlu paham perbedaan peran BPKP dengan BPK. (B. Situmorang, Editor) Retrieved Juni 7, 2023, from Antara News: h__ps://www.antaranews.com/berita/3555669/bpkp-media-perlupaham-perbedaan-peran-bpkp-dengan-bpk#:~:text=%E2%80%9CKonteksnya%20ke}ka%20berbicara%20BPKP%2 0adalah,kata%20Eri%20di%20Jakarta%2C%20Rabu.

Soewardikoen, D. W. (2019). Metodologi Peneli}an DKV. Bandung: PT Kanisius.

Swasty, W. (2016). Branding: Memahami dan Merancang Strategi Merek.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual