PERANCANGAN ZINE 'UGAL EGOL' TENTANG KESELAMATAN BERSEPEDA BAGI PESEPEDA PEMULA

Penulis

  • Rafi Rizky Ramadhan Telkom University
  • Siti Desintha Telkom University
  • Arry Mustikawan Telkom University

Abstrak

Perkembangan industri sepeda di Indonesia yang semakin pesat, khususnya di Kota Bandung, menyebabkan banyaknya pelanggar pesepeda yang kian meningkat, contohnya seperti pelanggaran dalam atribut bersepeda dan tidak menggunakan jalur sepeda yang telah disediakan. Pelanggaran - pelanggaran tersebut berpotensi untuk merugikan diri sendiri beserta pengguna jalan lainnya. Fenomena ini menuntut untuk tersedianya media informasi mengenai etika bersepeda yang mudah untuk dipahami dan diakses bagi pesepeda, guna meningkatkan kesadaran akan keselamatan dan etika dalam bersepeda. Perancangan ini dilakukan untuk merancang media informasi yang berfokus membahas etika bersepeda bagi pesepeda pemula di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan pada perancangan ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka agar berlandaskan teori yang akurat, observasi untuk meneliti seberapa banyak jumlah pelanggar pesepeda di Kota Bandung dan wawancara terhadap ahli pesepeda untuk berkonsultasi mengenai perilaku pesepeda dan objek sepeda itu sendiri. Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat membantu dalam menekan banyaknya pelanggar, beserta meminimalisir potensi kecelakaan di kalangan pesepeda.

Kata kunci: etika bersepeda, media Informasi, pesepeda pemula

Referensi

Anggraini. L & Nathalia. K, (2014).

Bringhurst, R, (2012)

Downs, T. (2010).

Hardani, Adriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A.,

Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.

Marie Weil dan Michael S. Reisch (2012),

Morton, J. (2010).

Publishing.

Norman, D. (2013).

Roth, N. (2008).

Publishers.

Soewardikoen, D. W. (2021).

Sugiyono, P. D. (2008).

(Cetakan ke). CV. Alfabeta.

Tinarbuko, S. (2018).

Todd, M., & Watson, E. P. (2006).

Yuniarti, I., Maulana, S., & Desintha, S. (2015).

Lastito, H. (2021). Regulasi dan Eksistensi Sepeda sebagai Moda Transportasi. https://pustral.ugm.ac.id/2021/03/30/regulasi-dan-eksistensi-sepeda-sebagaimoda-transportasi/ (diakses pada 21 Maret 2023).

Masruroh (2021). Dosen Unesa Bangun Kesadaran Pelajar Tentang Keselamatan Bersepeda. https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/dosen-unesa-bangun-kesadaranpelajar-tentang-keselamatan-bersepeda-1xDAAHpSVc9/4 (diakses pada 27 Maret 2023)

Portalsepeda.com (2021). Kampanye Bandung Tertib Bersepeda.

https://portalsepeda.com/kampanye-bandung-tertib-bersepeda/ (diakses pada 25 Maret 2023)

Suhendar, S. (2022). Pesepeda Terobos Lampu Merah Berujung Tertabrak Motor di Kota Bandung. https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/citizen-report/pr-134987260/pesepedaterobos-lampu-merah-berujung-tertabrak-motor-di-kota-bandung (diakses pada

Maret 2023).

Warsudi, A. (2020). Sepeda Dilarang di Flyover Jakarta Supratman Bandung, Ini Penjelasan Polisi.

https://jabar.inews.id/berita/sepeda-dilarang-di-fly-over-jakarta-supratmanbandung-ini-penjelasan-polisi (diakses pada 20 Maret 2023)

Warsudi, A. (2020). Viral Pesepeda di Jalur Cepat Jalan Soetta Bandung, Netizen : Badan Sehat, Otak Sakit.

https://jabar.inews.id/berita/viral-pesepeda-di-jalur-cepat-jalan-soettabandung-netizen-badan-sehat-otak-sakit (diakses pada 20 Maret 2023)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Terbitan

Bagian

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual