Perancangan Sepatu Skateboarding Dengan Replaceable Toe Cap

Authors

  • Metallika Putra Prabowo Telkom University
  • Edwin Buyung Syarif Telkom University
  • Dandi Yunidar Telkom University

Abstract

Skateboarding pertama kali muncul di California, Amerika Serikat pada tahun 1930-an. Kemudian olah raga ini mulai memasuki Indonesia pada tahun 1970-1980 –an hingga saat  ini.   Pada olahraga ini, sepatu skateboard yang baik adalah salah satu syarat utama keselamatan bagi pemain. Di pasaran, banyak sekali varian dan produsen – produsen sepatu ternama yang memproduksi sepatu skateboard   dengan berbagai teknologi pendukung.  Namun  ada  salah  satu  masalah  yang  hingga  saat  ini  belum terpecahkan,  yaitu  toe  cap,  yang merupakan bagian sepatu yang kontak langsung dengan griptape papan, sangat cepat rusak. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dirancang toe cap yang dapat meminimalisasi fenomena tersebut.

Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif serta kuantitatif agar dapat mengetahui masalah secara lebih dalam. Selain itu penelitian dikaji dari aspek fungsi agar produk yang dihasilkan mencapai fungsi yang diharapkan.

Produk yang dihasilkan pada penetilitan adalah sepatu skateaboarding dengan toe cap yang dapat diganti ketika sudah rusak, sehingga produk sepatu dapat digunakan secara efektif serta efisien. Produk rancangan pada penelitian ini diharapkan dapat meminimalisasi masalah tersebut. 

Downloads

Published

2016-12-01

Issue

Section

Program Studi S1 Desain Produk