Perancangan Gitar Elektrik Bongkar Pasang

Authors

  • Rangga Bangkit Pratama Telkom University

Abstract

Objek kajian pada perancangan ini adalah sebuah produk gitar elektrik dimana alat ini adalah alat untuk bermain musik yang mempunyai ciri memiliki body gitar itu sendiri, neck untuk memegang sekaligus unuk menghasilkan chord pada alat musik yang bernama gitar ini, dan ciri khas lainnya adalah alat musik yang menggunakan senar sebanyak enam lazimnya walaupun ada gitar yang hingga menggunakan dua belas senar. Permasalahan yang diangkat adalah ketika ada fenomena seorang gitaris yang memilki keinginan untuk mempunyai beberapa jenis gitar karena bentuknya. Penulis mencoba meneliti permasalahan dari fenomena yang terjadi dalam kecenderungan seorang gitaris yang ingin memilki gitar lebih dari satu.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan diferensiasi, yaitu memanfaatkan perbedaan dari produk atau sistem yang sudah ada pada produk yang ada sebelumnya. Dengan begitu produk ini mempunyai nilai   lebih dari produk pesaingnya. Sebagai para calon konsumen juga dapat mendapatkan sebuah solusi dari permasalahan yang dimunculkan pada produk gitar sebelumnya.

 

Penulis menawarkan solusi yaitu sebuah perancangan gitar yang dapat dibongkar pasang pada bagian body gitar sehingga dapat memunculkan kesan gitar yang tidak itu-itu saja. Disamping itu sebagai orang yang ingin memiliki beberapa bentuk gitar alternatif seperti ini tentunya dapat mengurangi pengeluaran dan tentunya dapat lebih ekonomis.

 

Downloads

Published

2016-12-01

Issue

Section

Program Studi S1 Desain Produk