Eksplorasi Busana Tekstil Wayang Golek

Authors

  • Nicky Carolin Angria Telkom University
  • Fajar Ciptandi Telkom University

Abstract

ABSTRAK
Di era sekarang,busana pada perindustrian mengalami perkembangan yang cukup pesat, terutama di Indonesia yang merupakan salah satu negara yang memiliki kebudayaan yang beragam setiap sukunya. Kekayaan budaya yang ada di Indonesia menginspirasi penulis untuk menuangkan ide yang bertujuan untuk melestarikan kebudayaan yang mulai tersingkir oleh perkembangan zaman.
Tujuan dari pembuatan busana wayang berikut adalah untuk membuat penampilan lebih prima pada busana wayang golek sesuai dengan segmen masyarakat. Teknik yang akan digunakan pada busana wayang golek adalah teknik rekalatar dan aplikasi imbuh dengan berbagai material. Busana yang dibuat akan merepresentasikan tentang sifat-sifat yang ada pada setiap tokoh wayang golek. Sehingga setiap tokoh wayang golek akan memiliki busana yang berbeda antara tokoh yang satu dengan tokoh yang lainnya. Hal itu bertujuan agar identitas setiap tokoh wayang golek dapat terlihat dari pakaian yang digunakannya.
Motif yang akan dibuat dalam setiap busana wayang adalah hasil analisa setiap karakter atau watak yang terdapat pada tokoh perwayangan. Tokoh-tokoh yang akan direpresentasikan karakternya terisnpirasi dari cerita Mahabharata, dan untuk mengkerucutkan cerita tersebut, penulis mengambil sub cerita yaitu tentang Dewi Draupadi yang memiliki peran yang besar dalam kehidupan Mahabharata. Bersatunya karakter tokoh perwayangan dengan teknik dan material yang telah dianalisa diharapkan dapat memiliki daya tarik tersendiri dan memiliki potensi pasar yang cukup besar dikalangan segmentasi pasarnya.
Kata kunci: budaya, wayang golek, karakter, busana

Downloads

Published

2017-12-01

Issue

Section

Program Studi S1 Kriya Tekstil dan Mode