Perancangan Komik Edukasi Untuk Mengenalkan Harimau Sumatera Pada Siswa Sd

Authors

  • Satria Dio Erlangga Telkom University
  • Taufiq Wahab Telkom University

Abstract

Harimau sumatera merupakan salah satu jenis hewan yang termasuk dalam

kategori terancam kepunahan. Dua faktor utama yang menjadi penyebab kelangkaannya ialah berkurangnya habitat mereka dan perburuan liar yang terus dilakukan manusia. Sulitnya me nangani mas alah pe rburua n ini dis e babkan ole h mas ih banyakny a masyarakat perkotaan yang masih membeli hasil buruan berupa bagian-bagian tubuh maupun utuh untuk dijadikan bahan obat, jimat, maupun hiasan. Kasus-kasus tersebut dilatarbe lakangi ole h ke tidaktahuan mas yarakat me nge nai je nis -je nis he wan yang dilindungi dan sedang terancam kepunahan.

Berdasarkan permasalahan tersebut penulis mencoba untuk merancang media edukasi mengenai pengenalan harimau sumatera untuk anak-anak. Anak-anak dipilih menjadi target audiens sebagai upaya jangka panjang dalam menanamkan pemahaman dan kesadaran mengenai pentingnya menjaga dan melestarikan alam dan satwa yang ada di Indone s ia, khus unya harimau s umate ra. M e lalui pe ngumpula n data de nga n melakukan wawancara, kuesioner, dan observasi, penulis berkesimpulan untuk membuat media edukasi dalam bentuk komik.

Komik edukasi ini diharapkan dapat menjadi media yang disukai anak-anak dalam menyampaikan berbagai informasi mengenai harimau sumatera. Dengan menyampaikan edukasi tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif ke depannya sehingga tercipta generasi yang memiliki kesadaran untuk menjaga kelestarian alam dan satwa di Indone s ia.

Downloads

Published

2018-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual