PROGRAM PENDIDIKAN PARENTAL MEDIATION UNTUK GURU

Clara Novita Anggraini, M.A, Mirah Pertiwi, Yucha Febria Kusumaningrum, Devi Tri Aprilianza, Ocha Tisepta Ramadhani, Dewa Ayu Aksamala

Abstract

Kemampuan kognitif yang masih rendah serta minimnya pengalaman hidup di dunia menyebabkan efek media digital pada anak selalu menjadi perhatian khusus. Dengan perkembangan teknologi yang sangat dinamis, setiap hari anak-anak dapat bertemu dengan berbagai konten dan aplikasi yang baru. Karakter konten gadget memang diciptakan agar audiens tidak berhenti mengkonsumsi, ketidaksadaran ini yang kemudian menjadi kebiasaan dan paling sulit dihadapi oleh orang tua. 

 

Dengan berbagai dampak negatif ini penting bagi para guru, yang seringkali menjadi rujukan orang tua dalam mendidik anak, untuk menguasai langkah-langkah penerapan parental mediation (cara teknis pendidikan bermedia anak dirumah). Program pendidikan parental mediation ini dilaksanakan selama 2 minggu dengan pokok bahasan Parental Mediation, Komunikasi Asertif dan Tugas Perkembangan Anak. Diawali dengan memberikan pengenalan (webinar online), para guru peserta program langsung mempraktekkan sambil diberikan pendampingan melalui diskusi terhadap permasalahan yang muncul ketika menerapkan materi webinar yang telah diberikan secara intensif. 

 

Kata Kunci: parental mediation, guru, literasi digital


 

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :-1