PROGRAM PENDIDIKAN PRAKTEK LITERASI DIGITAL UNTUK GURU

Clara Novita Anggraini, M.A, Mirah Pertiwi, Ocha Tisepta Ramadhani, Dewa Ayu Aksamala, Devi Tri Aprilianza

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terus terjadi dengan karakter yang sangat dinamis. Seluruh daerah di Indonesia, meskipun jauh dari pusat kabupaten kota setempat, tak luput dari terpaan smartphone beserta semua aplikasi digital yang menyertainya. Tanpa sempat mengenal fungsi edukasi, informasi, dan transformasi budaya positif TIK, masyarakat pelosok diterpa banyak fungsi hiburan media sehingga terhegemoni dampak negatif media yang selalu bersisian tajam dengan dampak positifnya. Para guru mempunyai peran yang besar dalam membawa transformasi budaya positif pada anak didik dan masyarakat di tempat tinggalnya.
Peran mengajar, mendidik, dan tokoh panutan membuat para guru memiliki posisi strategis untuk menciptakan budaya literasi masyarakat setempat. Sayangnya, para guru di daerah masih belum mengenal dan memahami literasi digital secara utuh, sementara kekhawatiran terhadap dampak negatif media digital semakin memuncak. Merujuk pada situasi ini, terdapat beberapa peluang pemberdayaan terhadap mitra, yaitu mengenalkan pada berbagai praktek literasi digital. Mulai dari “Copy Writing”, “Membuat Video Pembelajaran”, serta mengenalkan masa depan dengan materi “Society 5.0 & Future
Works”.
Selama tiga minggu, para guru telah dikenalkan, berdiskusi dan mempraktekkan semua materi tersebut secara intensif. Para pembimbing terdiri dari dosen-dosen Ilmu Komunikasi Telkom University dan praktisi yang ahli dibidangnya. Program PKM ini dilaksanakan secara daring menggunakan platform zoom meeting dan whatsapp group kepada 20 orang guru bimbingan Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa Wilayah Sumatera Selatan. Hasil evaluasi menunjukkan kepuasan dan peningkatan skill praktek literasi digital para peserta program. Bahkan, 5 karya terbaik video pembelajaran berhasil mendapatkan sertifikan HKI Kemenkumham.

Kata Kunci: Praktek Literasi Digital, Guru, Society 5.0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :-1