PELATIHAN ROBOT AUTOMASI BAGI KARYAWAN GALAMEDIA UNTUK MENDUKUNG MEDIA CETAK DAN ELEKTRONIK MENGHADAPI INDUSTRI 4.0

Budi Prasetya, Dharu Arseno, Kris Sujatmoko

Abstract

Saat ini Galamedia dan Pikiran Rakyat (PR) dikenal sebagai media cetak dan online wilayah Jawa Barat yang yang cukup besar dan terkenal. Terkait revolusi industri 4.0, ketidaksiapan pihak manajemen dan pihak karyawan Galamedia dan PR dalam mempergunakan teknologi, akan membuat Galamedia dan PR kurang berdaya saing didalam bisnis media cetak maupun online.

Robotic Process Automation (RPA) adalah sebuah software yang dapat dipergunakan untuk menirukan semua jenis pekerjaan manusia yang mempergunakan komputer dengan berbagai macam aplikasi. Di dalam sebuah perusahaan, pasti terdapat pekerjaan yang sifatnya administratif, rutin, rule-based, massive dan tedious (membosankan). Pekerjaan-pekerjaan jenis ini dapat di-automasi sehingga karyawan dapat lebih produktif dalam melakukan pekerjaannya. Inilah kebutuhan keahlian yang diperlukan bagi para karyawan di dalam era industri 4.0.
Pada hari kamis tanggal 9 Juni 2022 telah dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan robot automasi bagi karyawan Galamedia dan Pikiran Rakyat Group untuk mendukung cetak dan elektronik menghadapi Industri 4.0. Sasaran pelatihan dalam pengabdian masyarakat ini adalah para karyawan Galamedia dan Pikiran Rakyat Group sebanyak 17 orang. Dengan pelatihan ini, citra karyawan yang sebelumnya yaitu tradisional, tidak update teknologi, ketinggalan iptek maka akan berubah menjadi karyawan mampu mempergunakan teknologi, terutama robot automasi. Antusias dari para peserta sangat bagus, dari hasil kuisioner menunjukkan bahwa Program pengabdian masyarakat ini sudah sesuai dengan tujuan kegiatan itu sendiri sebesar 71 % responden dari peserta menjawab setuju dan 29% sangat setuju.


Kata Kunci: Pelatihan, Robotic Process Automation. Galamedia dan Pikiran Rakyat

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :-1