PELATIHAN WOW SERVICE DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KELURAHAN PADASUKA KECAMATAN CIMENYAN KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Rahayu Sri Purnami Institut Digital Ekonomi LPKIA
  • Tengku Ine Hendriyana Institut Digital Ekonomi LPKIA
  • Janadi Rammelsbergi Thamrin Institut Digital Ekonomi LPKIA
  • Imas Anggraeni Institut Digital Ekonomi LPKIA
  • Hasan Balubita Institut Digital Ekonomi LPKIA

DOI:

https://doi.org/10.25124/cosecant.v2i2.18538

Abstract

Pelayanan publik merupakan perwujudan kehadiran negara dalam masyarakat yang akan berdampak pada peningkatan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Kualitas pelayanan yang harus ditingkatkan seiring dengan perubahan spektrum kepuasan penerima layanan. Program pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan Wow Service ini diselenggarakan bagi perangkat kelurahan yang bertugas memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat pada loket pelayanan. Berdasarkan umpan balik dari para peserta, pelatihan Wow Service bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Kelurahan Padasuka. Perangkat Kelurahan Padasuka dalam menyelenggarakan pelayanan wow service telah memiliki kesediaan untuk melakukan usaha lebih saat melakukan pelayanan. Sedangkan yang perlu ditingkatkan untuk mewujudkan wow service adalah keberanian untuk mengambil kebijakan terhadap prosedur pelayanan yang terlalu membatasi, kemampuan mengenali apa yang lebih disukai oleh para penerima layanan serta kemampuan melibatkan dan memberdayakan penerima layanan.

Kata Kunci: Wow Service, Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan

Author Biographies

Rahayu Sri Purnami, Institut Digital Ekonomi LPKIA

Program Studi Komputerisasi Akuntansi

Tengku Ine Hendriyana, Institut Digital Ekonomi LPKIA

Program Studi Administrasi Bisnis

Janadi Rammelsbergi Thamrin, Institut Digital Ekonomi LPKIA

Program Studi Administrasi Bisnis

Imas Anggraeni, Institut Digital Ekonomi LPKIA

Program Studi Teknik Informatika

Hasan Balubita, Institut Digital Ekonomi LPKIA

Program Studi Teknik Informatika

References

Garvera, R. R. (2018). Kinerja Aparat Desa dalam Pelayanan Publik di Desa Nagarapageuh Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. 107–125.

Huda, H. A., Suwaryo, U., & Sagita, N. I. (2020). PENGEMBANGAN DESA BERBASIS SMART VILLAGE ( Studi Smart Governance pada Pelayanan Prima Desa Talagasari Kabupaten Karawang ). Jurnal Moderat, 6(3), 539–556.

Kartajaya, H., & Asmara, B. (2016). WOW Service is Care (Keempat). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mashabi, S. (2021, April). Kemendagri: Kualitas Pelayanan Publik Harus Dirasakan Semua Kalangan Masyarakat. Kompas.Com. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2021/04/22/17233861/kemendagri-kualitas-pelayanan-publik-harus-dirasakan-semua-kalangan

Purwadi. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan di Kantor Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Ensains, 2(2), 113–119.

Ramadhana, M. R., Sudrajat, R. H., Komunikasi, S. I., & Telkom, U. (2020). Pelatihan Komunikasi Efektif dalam meningkatkan Pelayanan Prima di Instansi Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Dinamisia, 4(4), 693–700.

Rohman, A. (2017). Kepemimpinan pelayanan prima di pedesaan. Reformasi, 7(1), 95–105.

Published

2023-03-16

Issue

Section

Articles