DESAIN DAN CETAK PRINTED CIRCUIT BOARD PADA PELATIHAN ELEKTRONIKA LANJUTAN DI BALAI PELATIHAN TEKNIK SINTELIS PT KERETA API INDONESIA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25124/cosecant.v2i2.18580

Abstract

Dalam upaya pengembangan sumber daya manusia di PT Kereta Api Indonesia Persero (PT KAI), unsur kemampuan dan pengetahuan pegawai menjadi sangat penting untuk mewujudkan hal tersebut. Kemampuan dasar untuk dapat melakukan “troubleshooting” pada sistem perkeretaapian yang didalamnya terdapat rangkaian elektronika, membutuhkan kemampuan sumber daya manusia untuk dapat memahaminya. Oleh karenanya PT KAI melalui Balai Pelatihan Sinyal, Telekomunikasi, dan Listrik (BPSTL) melaksanakan pelatihan dengan tajuk “Teknik Sintelis Tingkat Lanjutan” selama kurang lebih tiga bulan secara keseluruhan. Mata latih Elektronika Lanjutan merupakan bagian dari kurikulum pelaksanaan pelatihan tersebut selama tiga hari penuh secara hybrid (satu hari online dan dua hari onsite) dengan durasi 30 jam pembelajaran dimana materi yang disampaikan terdiri dari tiga bagian besar, yaitu pengenalan komponen berikut simulasi dengan Circuit Simulator, perancangan dan desain PCB dengan simulasi EasyEDA, dan praktek pembuatan cetak PCB. Tujuan dari pelatihan ini sendiri adalah peserta mempunyai kompetensi dalam hal perancangan rangkaian elektronika mulai dari perancangan simulasi sampai dengan praktek pencetakan PCB, dimana materi yang disampaikan adalah merancang konverter AC 220V ke DC 5V. Penerapan teknologi dalam pelatihan ini adalah penggunaan simulasi berbasis web untuk melakukan simulasi rangkaian dan simulasi desain perancangan skematik sampai dengan cetak PCB sampai dengan cetak PCB dengan menggunakan teknologi konvensional dengan larutan ferri klorit. Hasil yang diperoleh adalah semua peserta dinyatakan kompeten dengan batas minimal kelulusan 75 dengan hasi indeks selama pelatihan minimal B.

Kata Kunci: PT KAI, Circuit Simulator, EasyEDA, Cetak PCB

References

Ramdhani, M., Elektronika Dasar, Penerbit Erlangga, 2022.

Ramdhani, M., Rangkaian Listrik dan Penyelesaian soal menggunakan simulasi LTspice, Penerbit Informatika, 2018.

Ramdhani, M., Rangkaian Listrik, Penerbit Erlangga, 2008.

Website Circuit Simulator, http://falstad.com/circuit/circuitjs.html.

Website EasyEDA, http://www.easyeda.com/

Website PT KAI, https://www.kai.id/information/full_news/5408-catat-kinerja-positif-kai-hasilkan-peningkatan-laba-bersih-254-pada-semester-i-2022, Diakses 21-11-2022.

Published

2023-03-16

Issue

Section

Articles