PENGELOLAAN ADMINISTRASI PENDAFTARAN PENGOBATAN GRATIS DI KECAMATAN PADALARANG KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Neng Susi Susilawati Sugiana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wiara Shancia Grafita Universitas Insan Cendekia Mandiri
  • Dematria Pringgabayu Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25124/cosecant.v2i2.18595

Abstract

Kegiatan pengobatan gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat dilaksanakan pada tanggal 19 November 2022 bertempat di kantor Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Diikuti oleh orang-orang dengan status pekerjaan buruh harian. Pelaksanaannya dilakukan bekerja sama dengan beberapa pihak terkait yaitu Ikatan Dokter Indonesia, beberapa relawan seperti Tingkat Kemanusiaan Indonesia, PMI, Disdukcapil, BPJS Kesehatan, dan Puskesmas terdekat. Begitu pula dengan instansi pemerintah dan kepolisian. Kegiatan yang termasuk pengobatan gratis ini tidak lepas dari kegiatan pengurusan administrasi dimana sebelumnya pasien telah melakukan pendataan yang akan digunakan sebagai dokumen pendaftaran. Dan akan dikoordinasikan dengan pihak terkait. Namun pada kenyataannya kondisi dan situasi yang terjadi masih banyak terjadi ketidaksesuaian data pada dokumen pasien yang akan berobat. Seperti data kepala keluarga, data pekerjaan, dan data nama ibu kandung. Hal ini sangat menyulitkan BPJS Kesehatan untuk mendata kebenaran informasi yang tidak dapat diperoleh di Disdukcapil. Dan menyebabkan koordinasi antar relawan yang mengantarkan pasien menjadi tidak teratur. Dan pada akhirnya dilakukan tata alur pendaftaran pengobatan gratis mulai dari validasi lembar pendaftaran dan persyaratan pada pihak Lingkaran Kemanusiaan Indonesia dan Gabungan IGD Disdukcapil yang berfungsi untuk dapat memperbaiki kesalahan data yang tidak akurat. Serta loket penerimaan BPJS bagi yang datang tanpa membawa lembar pendaftaran sebelumnya.

Kata Kunci: Administrasi, Manajemen, Registrasi

Author Biography

Wiara Shancia Grafita, Universitas Insan Cendekia Mandiri

Prodi: Akuntansi
Fakultas: Ekonomi

References

https://id.wikipedia.org/wiki/Prosedur

Procedure Text Diarsipkan 2013-01-07 di Wayback Machine.

Prosedur Diarsipkan 2018-06-22 di Wayback Machine.

Marliani, Lina (2018). "Definisi Administrasi dalam Berbagai Sudut Pandang". Dinamika: Jurnal Ilmu Administrasi Negara. 5 (4): 19. ISSN 2614-2945.

Vocational Business: Training, Developing and Motivating People by Richard barrett - Business & Economics - 2003. - Page 51

Published

2023-03-16

Issue

Section

Articles