PELATIHAN PENGENALAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY UNTUK GURU SLB-B

Authors

  • Yulinda Eliskar Universitas Telkom
  • Rustam Rustam
  • Hilman Fauzi TSP

DOI:

https://doi.org/10.25124/cosecant.v2i2.18609

Abstract

Pentingnya media pembelajaran dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar seringkali terabaikan. Berbagai alasan yang menjadi penyebab diantaranya adalah sulitnya mendapatkan media pembelajaran atau tidak dipahaminya teknologi yang akan digunakan. Di sisi lain, banyak alternatif yang dapat digunakan oleh para pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi virtual reality. Teknologi ini dapat digunakan untuk anak-anak berkebutuhan khusus terutama bagi tipe B (tuna rungu). Siswa akan merasa melihat seperti di dunia nyata. Pelaksanaan pengabdian pasyaraka ini dalam bentuk metode penyuluhan, pelatihan, praktek, pendampingan dan evaluasi. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat memudahkan guru-guru SLB dalam menyampaikan ilmunya. Pelatihan ini diberikan kepada guru-guru SLB-B (tuna rungu) yang berjumlah 16 orang. Tujuannya adalah agar para guru bisa menggunakan alat berupa virtual reality box (VR Box) sebagai media teknologi virtual reality. Mereka mempraktekkan langsung dan juga melakukan simulasi bagaimana teknologi ini bisa diterapkan dengan membuat tampilan model tiga dimensi.

Kata Kunci: Virtual reality; VR Box, tuna rungu

References

F. Stephen, D. Gunawan, and S. Hansum, “Rancang Bangun Aplikasi Perainan Edukasi Berbasis Virtual Reality Menggunakan Google Carboard,” Sisfo, vol. 05, no. 05, pp. 496-503, 2017.

J. Fuchs and G. Bishop, “Research Directions in virtual Environmenst: An Invitational Workshop on the Future of Virtual Environments, “ 1992.

J. Martin Gutierrez, C. E. Mora, B. Anorbe-Diaz, and A. Gonzalez-Marrero, “Virtual technologies trends in education,” Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ., vol. 13, no 2, pp. 469-486, 2017.

M. Hussein and C.Natterdal,”The Benefits of Virtual Reality in Education: A Comparison study, “Univ Gothenburg, Chalmers Univ Technol., no. June, p. 15, 2015.

Qadhli jafar Adrian, Agus Ambarwari, Muharman Lubis, “Perancangan Buku Elektronik pada Pelajaran Matematika bangun Ruang Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality”, Simetri, vol 11, no. 1, 2020

Soni Ariatama. Muhammad Mona Adha, Ahman Tosy Hartino, Eska Prawisudawati Ulpa, “Penggunaan Teknologi Virtual Reality (VR Sebagai Upaya Eskalasi Minat dan Optimalisasi dalam Proses Pembelajaran Secara Online di masa Pandemik”,Sakai Sambayan, 2020

https://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_reality

Published

2023-03-16

Issue

Section

Articles