PENGEMBANGAN MODUL PELATIHAN UNTUK MENYUSUN MATERI AJAR PADA LMS PT. KHARISMA PRINTEX BANDUNG

Authors

  • Gede Agung Ary Wisudiawan Telkom University
  • Indra Lukmana Sardi
  • Nungki Selviandro
  • Muhammad Bambang Hidayanto

DOI:

https://doi.org/10.25124/cosecant.v2i2.18637

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini melanjutkan road maps penelitian yang sudah dikembangkan sebelumnya, dimana kegiatan sebelumnya berhasil mengembangkan aplikasi Learning Management System (LMS) pada PT. Kharisma Printex Bandung. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini bertujuan mengembangkan modul pelatihan penggunaan aplikasi microsoft powerpoint dalam menyusun materi ajar pada LMS PT. Kharisma Printex Bandung. Modul yang berhasil dikembangkan terdiri dari lima bab pembelajaran yaitu bab pembelajaran terkait pengenalan aplikasi, bab pembelajaran untuk menghias slide presentasi, bab pembelajaran untuk memasukkan teks, bab pembelajaran yang berisikan tips and trick agar presentasi lebih hidup, dan bab terakhir terkait dengan bagaimana cara membawakan presentasi. Metodologi dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merujuk kepada metodologi penelitian research and development (R&D) yang meliputi 5 langkah : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi produk, dan (5) revisi produk. Kegiatan ini menggunakan analisis diagram tulang ikan dengan subjek adalah stakeholder dari PT. Kharisma Printex Bandung, adanya revisi yang dibutuhkan sesuai kebutuhan dari perusahaan sampai akhirnya menghasilkan modul “pelatihan penyusunan materi ajar menggunakan microsoft powerpoint pada PT. Kharisma Printex”. Evaluasi dari kegiatan ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada pimpinan dari PT. Kharisma Printex Bandung. Hasil evaluasi menunjukkan para pimpinan setuju dengan kegiatan dan modul yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini.

Kata Kunci: modul, learning management system, presentasi

Author Biography

Gede Agung Ary Wisudiawan, Telkom University

S1 Informatika, Fakultas Informatika

References

Ardiansyah, Fahmi et al. 2021. “Penerapan Learning Management System Untuk Karyawan Perusahaan Menggunakan Mesin Turing.” DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology 5(1): 13.

Coccia, Mario. 2020. “Cnr -- N.” Int. J. Foresight and Innovation Policy 14: 225–47.

Muhardi, Sakroni Indra Gunawan, Yuda Irawan, Yesica Devis. 2020. “View of Design Of Web Based LMS (Learning Management System) in SMAN 1 Kampar Kiri Hilir.” : 70–76. https://journal.yrpipku.com/index.php/jaets/article/view/60/32 (August 15, 2022).

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, Franke, and Ade Iriani. 2020. “Pengembangan Modul Pelatihan Penggunaan Aplikasi Edmodo Untuk Meningkatkan Kompetensi ICT Guru Di Sekolah Kristen Kanaan Semarang.” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 4(1): 12–18.

Published

2023-03-16

Issue

Section

Articles