PENDAMPINGAN PENGGUNAAN ALAT PEMOTONG SINGKONG OTOMATIS DAN SOSIALISASI K3 DI DESA SUKAPURA

Authors

  • Dino Caesaron Telkom University
  • Sheila Amalia Salma Telkom University
  • Murman Dwi Prasetio Telkom University
  • Luthfi Romiz Husaini Telkom University

DOI:

https://doi.org/10.25124/cosecant.v2i2.18639

Abstract

Pekerja merupakan asset utama dalam suatu industri/usaha. Baik itu usaha kecil, menengah, maupun besar. Peran pekerja tidak bisa digantikan serta merta oleh mesin, sehingga Kesehatan dan Keselamatan Kerja mereka perlu dijaga agar tercipata suasana enak, nyaman, aman, sehat, efektif, efisien (ENASE) demi terwujudnya produktivitas yang erat kaitannya dengan output produksi. Desa Sukapura memiliki usaha kecil keripik singkong, yang digawangi oleh Ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Industri kecil ini dimulai di tahun 2021 awal, dimana saat itu proses pemotongan singkong untuk menjadi keripik menggunakan pemotongan secara manual. Sebelumnya, awal tahun 2022, Fakultas Rekayasa Industri mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan output pengadaan mesin potong singkong otomatis. Dengan adanya mesin ini, kapasitas pemotongan meningkat menjadi kurang lebih 1kg/menit. Pada Pengabdian kepada Masyarakat kali ini, tim yang sama mengadakan pendampingan penggunaan alat, dengan fokus pada optimalisasi penggunaan mesin dan sosialisasi bentuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja, diantaranya pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) berupa sarung tangan, alat Pertolongan Pertama pada Kecelakaan, dan beberapa petunjuk teknis penggunaan alat. Dari kegiatan kali ini, diharapkan pengguna mesin dapat menyadari pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja khususnya saat menggunakan alat tersebut.

Kata Kunci: kesehatan dan keselamatan kerja, mesin potong otomatis, alat pelindung diri, pengabdian masyarakat

References

Candrianto. (2020). Pengenalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Literasi Nusantara.

Darmawan Iwan, & Basuki Minto. (2022). Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Operasional dan Bongkar Muat di Dermaga Pelayaran Rakyat Gresik Menggunakan Metode Matrik dan FMEA. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Berkelanjutan (70-77). Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Ebens Ryan. (2007). Designing Effective Machine Safety Signs. Occup. Hazards, 29-30.

Hidayatullah Astiandini, & Tjahjawati SurjaniSri. (2017). Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 104-111.

Kurniawati W. (2015). Hubungan Praktik Penerapan Standart Operating Procedure (SOP) Dan Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) dengan kerjadian Kecelakaan Kerja Pada Perawat Unit Perinatologi di RSUD. Tugurejo Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.

Lestari Serli, Kadir Abdul, & Qomariyah Erni. (2020). Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada SPBU HJ. Nurmiati Puuwatu. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis.

Sedarmayanti. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, dan Produktivitas Kerja. Bandung: Refika Aditama.

Sinuhaji Effendi. (2019). Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 11-15.

Suskripriyanto. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Indomedia Pustaka.

Published

2023-03-16

Issue

Section

Articles