TEKNIK PENYUTRADRAAN DALAM PEMBUATAN FILM PENDEK DIRECTING TECHNIQUES IN THE MAKING OF SHORT FILM

Twin Agus Pramonojati, Oki Achmad Ismail, Rizca Haqqu, Naira Azzani Putri Galuh Permata

Abstract

Berkembangnya industri perfilman di Indonesia memancing munculnya para sineas dan sutradara muda untuk unjuk gigi dalam membuat sebuah karya. Baik itu video, film pendek, bahkan film layer lebar. Para sineas dan sutradara pun berasal dari berbagai kalangan usia. Mereka semua berlomba-lomba demi menyenangkan dan memuaskan para masyarakat Indonesia. Kehadiran beberapa jenis film baru di Indonesia juga menarik perhatian masyarakat, salah satunya film pendek. Seringkali kita temui bahwa film pendek juga dapat bersaing secara kualitas dengan film yang telah dimuat di layar lebar. Mayoritas sutradara dari film-film pendek ini berasal dari kalangan generasi muda dari masih di duduk di bangku sekolah menengah atas hingga mahasiswa yang sedang melanjutkan studi di universitas. Hal ini membuktikan bahwa industri perfilman banyak membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat umum, terutama bagi generasi muda yang ingin belajar. Perlu kita ketahui bahwa industri perfilman memang banyak sekali diminati oleh berbagai kalangan. Namun, memang diperlukan skill-skill dasar dalam membuat karyanya, salah satunya teknik penyutradaraan. Walaupun nantinya para generasi muda tidak ingin terjun ke dalam dunia perfilman, tetapi skill ini akan terpakai dalam dunia kerja yang saat ini tak bisa lepas dari kata konten. Nantinya skil-skill dasar yang akan dipelajar pasti sangat dibutuhkan di dunia digital agar masyarakat terutama generasi muda dapat bersaing di era 4.0 saat ini. Pengabdian masyarakat dengan materi Pelatihan Teknik penyutradaraan ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kota Bandung. Pemilihan tempat dilaksanakannya program pengabdian masyarakat didasarkan atas keterkaitan materi dengan kelas multimedia, dimana murid dan guru membutuhkan pengayaan ilmu sehingga hasil pelatihan dapat diaplikasikan pada praktik pembelajaran kedepannya.

Kata kunci : pengabdian masyarakat, penyutradaraan, Film.

References

Prasetya, B. J. (1991). Studi Teknik Penyutradaraan Azwar An Dan Fajar Suharno (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).

Setiawan, L. D., & Kurniawan, E. (2022). Metode penyutradaraan Senoaji Julius dalam produksi film pendek anak. ProTVF, 6(1), 43-63.

Shafura, P., & Sya'dian, T. (2020). Penyutradaraan Pada Penciptaan Film Pendek “Viola”. Jurnal Mahasiswa Fakultas Seni dan Desain, 1(1), 293-305.

Sinensis, A. B. H. (2022). TEKNIK PENYUTRADARAAN DALAM PRODUKSI FILM “SANG SINGA KARAWANG-BEKASI” (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Bekasi).

Wijaya, A. S. (2019). TA: Penyutradaraan dalam Pembuatan Film Pendek Bergenre Drama Tentang Konflik Interpersonal dalam Keluarga (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.