PELATIHAN DASAR EDITING: AUDIO EDITING UNTUK MENGHASILKAN KONTEN YANG MENARIK DI ERA 4.0

Dimas Satrio Wijoksono, Rizca Haqqu, Fadia Anindita Syarifah

Abstract

Media penyampaian informasi cukup beragam dan memiliki keunggulan masing-masing, salah satu contoh dari media tersebut adalah Audio. Audio merupakan media penyampaian informasi yang menggabungkan teknologi berupa suara. Seorang editor mempunyai peran cukup penting pada proses dibalik layar film. Menjadi seorang editor tidak hanya harus pandai mengolah gambar visual saja, akan tetapi harus mempunyai pemahaman tentang bagaimana mengolah audio agar video yang dihasilkan dapat memberikan informasi utuh kepada penontonnya. Merujuk pada istilah editing video, merupakan proses memilih, merangkai, menyusun ulang, dan memanipulasi gambar visual dan audio yang sudah direkam menjadi satu rangkaian video sehingga menjadi sebuah cerita utuh sebagaimana yang diinginkan sesuai konsep yang telah ditentukan. Ketika proses editing inilah gambar dan suara yang tidak penting dan tidak sesuai dengan konsep harus dihilangkan, susunan video harus dirangkai sesuai dengan durasi yang telah ditentukan, dan hal-hal yang kurang enak dilihat akan didedit dan ditambahkan, sehingga akhirnya menjadi rangkaian video utuh yang layak ditampilkan ke publik. Pelatihan dasar ini dilakukan dalam rangka pengabdian masyarakat dengan memberikan wawasan terkait editing yang dikhususkan pada audio. Pemahaman terkait audio ini perlu sampaikan karena masih kurangnya pemahaman audien tentang bagaimana cara mengolah audio agar menyatu dengan visual sehingga tercipta sebuah hasil editing yang layak untuk dinikmati. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di SMA Cendikia Muda Bandung dikarenakan keterkaitan antara ektrakulikuler unggulan sekolah dengan materi pengabdian masyarakat tentang bagaimana cara melakukan editing audio untuk menghasilkan konten yang menarik.

 

Kata Kunci: Pengabdian Masyarakat, Editing, Audio, Konten

References

Asmara, I. W. D., Kesiman, M. W. A., & Agustini, K. (2012). Pengembangan Aplikasi Kriptografi File Audio dengan Algoritma Data Encryption Standard (DES). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 1(2), 130–141.

Lupsa-Tataru, L. (2020). Audio fade-out profile shaping for interactive multimedia. Technium, 2(7), 179–189.

Permana, R. S. M., Puspitasari, L., & Indriani, S. S. (2019). Pelatihan Post-Produksi (Audio-Visual Editing) Film Indie di Armidale English College Soreang, Bandung. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 19–28.

Shoyqulov, S. Q., & Bozorov, A. A. (2022). The Audio- is of the Main Components of Multimedia Technologies. International Journal on Integrated Education, 5(5), 263–268.

Sinaga, D. C. P., Sianipar, B., Marpaung, P., Baene, S., & Kumar, W. (2022). Peningkatan Kompetensi Siswa melalui Pelatihan Editing Video di Smk Yapim Biru-biru. Selaparang, 6(1), 10–13.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.